Rangkuman Materi Kelas 3 Bahasa Indonesia Tema 7

Rangkuman Materi


Teknologi Pangan

        Teknologi pangan adalah ilmu yang menerapkan ilmu pengetahuan tentang bahan pangan. Dengan adanya ilmu ini, manusia bisa menggunakan teknologi yang tepat untuk memperoleh nilai tambah dari bahan pangan.

        Bahan pangan berasal dari hasil panen. Setelah dipanen, bahan pangan diolah menjadi makanan yang bermacam-macam. Misalnya, kacang kedelai yang sudah dipanen bisa diolah menjadi tempe, tahu, dan kecap. Selain itu ada daging ayam. Bahan pangan ini bisa dijadikan sosis, pentol, nugget, dan lain-lain.

        Dengan adanya tenologi pangan, manusia bisa membuat makanan baru. Berikut manfaat teknologi pangan dalam kehidupan:

  1. Dapat dijadikan kreasi makanan. Contohnya susu kedelai. Dari bahan kedelai mentah bisa dijadikan susu.
  2. Membuat makanan lebih awet dan tahan lama. Contohnya makanan kaleng. Dengan cara pengalengan makanan tidak mudah busuk dan tahan lama.
  3. Sarana pembelajaran di sekolah. Manfaat lain dari teknolohi pangan bisa dijadikan sarana belajar di sekolah. Misalnya, saat siswa diajak membuat tape, donat, dan lain-lain.
  4. Membuat makanan lebih bernilai jual. Hasil panen yang sudah diolah jadi makanan bisa dijual lagi. Contohnya daging bakso yang diolah jadi kornet, manisan buah, dan lain-lain.

Macam-Macam Alat Transportasi

Ada beragam jenis alat transportasi. Ada transportasi darat, laut, dan udara.

  1. Alat transportasi darat adalah angkutan umum darat adalah moda transportasi yang beroperasi di jalur darat. Contohnya: Motor, Mobil, Bus, Kereta api, Bajaj, Becak, Delman dan lainnya.
  2. Alat transportasi laut adalah angkutan umum laut yang beroperasi di atas air, seperti di sungai atau pun laut. Contohnya: Kapal penumpang, Kapal Feri, Perahu Layar, Perahu Motor dan lainnya.
  3. Alat transportasi udara adalah alat transportasi yang beroperasi di jalur udara. Contohnya: Pesawat, Helikopter, Balon Udara dan lainnya.


Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post