Rangkuman Materi Kelas 4 Bahasa Indonesia Tema 7

 

Rangkuman Materi

Informasi Penting

        Informasi penting adalah suatu informasi mengenai suatu hal yang sifatnya sebagai pokok atau inti yang terpenting dari topik dalam sebuah teks.

        Informasi penting adalah suatu informasi mengenai suatu hal yang sifatnya sebagai pokok atau inti dari topik tersebut. Topik tersebut terdapat pada teks yang dibahas. Informasi penting hampir sama dengan gagasan pokok atau pikiran utama dalam suatu teks maupun paragraf, Karena dalam hal ini informasi penting memberikan informasi inti yang penting dan perlu diketahui dari suatu topik dalam teks yang sifatnya seperti penjelasan dari gagasan pokok dari teks tersebut juga. Jadi informasi penting lebih banyak ditemui daripada gagasan pokoknya yang hanya memberikan inti dari teks tersebut.

Kesimpulan

        Kesimpulan adalah suatu proposisi (kalimat yang disampaikan) yang diambil dari beberapa premis (ide pemikiran) dengan aturan-aturan inferensi (yang berlaku).

Paragraf

        Paragraf adalah gabungan beberapa kalimat yang saling berhubungan dan menghasilkan suatu tema tertentu.

Jenis-jenis paragraf:

  1. Paragraf Narasi
  2. Paragraf Eksposisi
  3. Paragraf Argumentasi
  4. Paragraf Persuasi

Jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utamanya

1. Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif merupakan jenis paragraf yang dikelompokkan berdasarkan letak kalimat utama. Nah, dalam paragraf jenis ini, kalimat utamanya terletak pada awal paragraf. Kalimat-kalimat penjelasnya akan berada setelah kalimat utama.

2. Paragraf Induktif

Kalau deduktif di awal, maka kalimat utama jenis paragraf induktif terletak di akhir paragraf. Kalimat penjelasnya tentu saja berada sebelum kalimat utamanya.

3. Paragraf Campuran

Paragraf campuran merupakan perpaduan antara deduktif dan induktif. Kalimat utama pada paragraf campuran, berada pada awal paragraf dan diulang kembali pada akhir paragraf.


Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post