Rangkuman Materi Kelas 2 Bahasa Indonesia Tema 4

 

Rangkuman Materi

Menjaga Kebersihan

Cara Menjaga Kebersihan Rumah

1. Bersihkan Tempat Tidur

    Kamu harus rajin merapikan tempat tidur. Lipatlah selimut dan rapikan seprai agar selalu terlihat bersih.

2. Menyapu Lantai

    Menyapu lantai adalah cara menjaga kebersihan rumah yang sangat penting. Sapulah seluruh bagian rumah secara bersih. Saat menyapu, perhatikan sela-sela ruangan yang sangat kecil, semisal belakang pintu atau kolong lemari.

3. Gunakan Cairan Pembersih saat Mengepel Lantai

    Gunakan kain untuk mengepel lantai secara rutin. Saat mengepel, gunakanlah cairan pembersih agar lantai terlihat mengkilau. Cairan pembersih juga bisa membunuh kuman yang mungkin hidup di lantai rumah kamu.

4. Cara Menjaga Kebersihan Dapur Rumah

    Agar dapur juga terlihat bersih, kamu harus rajin mencuci berbagai alat dapur, semisal wajan, panci, pisau, piring, dan lain-lain. Setelah memasak, kamu harus segera mencuci peralatan masak. Begitu pula, setelah makan, segera cucilah piring dan sendok yang kamu gunakan.

5. Rutin Mencuci Baju

    Jangan biarkan baju kotor menumpuk terlalu lama di mesin cuci atau di keranjang pakaian kotor. Selain tidak enak dipandang, kamu juga akan membiarkan kuman hidup lebih lama dalam pakaian kamu.

6. Menata Barang

    Salah satu cara menjaga kebersihan rumah yang sangat penting adalah menata barang. Jika tertata baik, kamu tidak perlu pusing lagi mencari kunci, buku, mainan, dan lain-lain.

7. Cara Menjaga Kebersihan Rumah dengan Pemisahan Sampah

    Untuk menjaga kebersihan di dalam rumah, pisahkanlah masing-masing jenis sampah.Pisahkanlah sampah plastik dan limbah rumah tangga. Dengan memisahkan jenis sampah, kamu bisa membuat semua anggota keluarga lebih sehat. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan sampah plastik untuk didaur ulang.

8. Simpan Sepatu secara Rapi

    Agar seluruh bagian rumah selalu bersih, sangat penting untuk kamu menyimpan sepatu di rak sepatu. Taruhlah rak sepatu tersebut di bagian belakang rumah, dekat dapur atau gudang. Hal ini untuk mencegah kotoran dari sepatu menempel di bagian lain rumah.

Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

1. Bersihkan Kolong Meja

    Setiap siswa pasti memiliki kolong mejanya masing-masing. Maka dari itu, semua siswa harus merawat kolong mejanya dengan baik dengan cara tidak membuang sampah ke dalamnya. Jika sampah dibiarkan berhari-hari di dalam kolong meja hingga menumpuk, hal tersebut akan menimbulkan bersarangnya kuman dan bakteri. Tentu saja hal ini bisa menyebabkan bau yang tidak sedap atau bahkan bisa mengganggu kesehatan.

2. Membuang Sampah pada Tempatnya

    Sadarilah bahwa sampah dapat merusak lingkungan. Maka dari itu, selalu buanglah sampah yang telah kita gunakan pada tempatnya. Tidak membuang secara sembarangan mengingat bahaya dari membuang sampah sembarangan sangatlah berakibat fatal bagi lingkungan.

3. Kurangi Penggunaan Plastik

    Plastik merupakan salah satu limbah yang sulit diuraikan. Penggunaan plastik secara berlebihan dapat merusak lingkungan karena seratnya yang tak mudah diuraikan dan merusak lingkungan. Maka dari itu, kurangilah penggunaan plastik dengan cara membawa makanan dan minuman dari rumah dengan wadah yang bisa dipakai berulang kali. Dengan ini, maka penggunaan plastik dan segala dampak negatifnya dapat diminimalisir.

4. Jaga Kebersihan Toilet

    Hampir setiap sekolah pasti memiliki toilet. Toilet yang terawat merupakan toilet yang sangat diinginkan oleh semua orang. Toilet sekolah merupakan toilet yang bersifat umum yang selalu digunakan berulang kali dengan bebas oleh para warga sekolah. Oleh karena itu, kita tidak boleh mengotorinya.

5. Melakukan Kegiatan Bersih-Bersih

    Bagi sebagian sekolah, sudah tak asing lagi dengan kegiatan ini. Kegiatan ini biasanya dilakukan secara bersama-sama dalam rangka membersihkan lingkungan sekolah. Dengan adanya kegiatan bersih-bersih yang rutin, lingkungan sekolah akan lebih terawat kebersihannya.

6. Melakukan Piket Kelas

    Selain melakukan kegiatan rutin bersih-bersih, kegiatan piket kelas pun harus dihidupkan. Kegiatan ini harus selalu dilaksanakan mengingat ruang kelas setiap hari digunakan dan tak lepas dari sampah atau debu yang berserakan.

    Dengan adanya kegiatan piket kelas yang dilaksanakan rutin berdasarkan regunya, dinilai mampu meminimalisir kotoran-kotoran yang ada di ruang kelas. Melakukan piket kelas bisa dilakukan dengan banyak cara, misalnya menyapu lantai, mengepel lantai, membersihkan kaca, membersihkan langit-langit, membersihkan papan tulis, dan masih banyak lagi.

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post