Rangkuman Materi Kelas 3 Bahasa Indonesia Tema 1

 

Rangkuman Materi


Ciri-ciri Makhluk Hidup

Adapun ciri-ciri makhluk antara lain:

  1. Memerlukan makan
  2. Dapat bergerak
  3. Dapat bernapas
  4. Mengalami pertumbuhan dari kecil menjadi besar
  5. Dapat berkembang biak

Seluruh makhluk hidup memiliki kebutuhan. Yang termasuk kebutuhan makhluk hidup adalah:

  1. Membutuhkan udara untuk bernapas
  2. Memerlukan air
  3. Membutuhkan makanan
  4. Membutuhkan tempat untuk hidup

Perkembangbiakan Tumbuhan

Umbi Lapis, Umbi Batang, Umbi Akar

1. Perkembangbiakan Tumbuhan dengan Cara Umbi Lapis

        Umbi lapis adalah daun yang berlapis-lapis dan tebal sehingga membentuk seperti batangnya. Pada  bagian dasar tumbuh akar serabut. Di antara lapisan-lapisan umbi lapis, terdapat bakal tunas. Jika umbi lapis ditanam, bakal tunas akan tumbuh menjadi tunas, dan tumbuh jadi tanaman baru.

2. Perkembangbiakan Tumbuhan dengan Cara Umbi Batang

        Umbi batang adalah batang yang tumbuh di dalam tanah dan digunakan untuk menyimpan cadangan makanan dan membentuk umbi. Jika umbi ditanam, tunas bisa tumbuh dan membentuk tumbuhan baru. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan cara ini adalah kentang dan ubi jalar.

3. Perkembangbiakan Tumbuhan dengan Cara Umbi Akar

        Akar pada tanaman yang berkembangbiak dengan umbi akar beralih fungsi menyimpan cadangan makanan. Perkembangbiakan jenis tanaman ini melalui tunas yang tumbuh dari bekas batangnya. Sehingga, untuk mendapatkan individu baru dari tanaman ini hanya perlu menanam bagian tubuh tumbuhan berupa batang. Contohnya adalah wortel, bengkoang, singkong, dan bunga dahlia.

Perkembangbiakan Tanaman Secara Buatan

1. Cangkok

        Perkembangbiakan vegetatif buatan dengan cangkok adalah menumbuhkan akar tumbuh dari batang  tanaman yang dicangkok. Lewat akar tumbuh dari batang tanaman itu kita bisa mendapatkan tanaman baru. Sifat dari tumbuhan yang dihasilkan akan sama dengan induk. Contoh tumbuhan yang bisa dikembangbiakan dengan cara ini antara lain:

- Jambu air, Mangga, Alpukat, Sawo

2. Setek

        Setek adalah cara perkembangbiakan tumbuhan yang berasal dari akar tumbuh dari batang atau bagian lain tumbuhan. Caranya dengan menanam potongan bagian tertentu dari tumbuhan tersebut. Contoh tumbuhan yang bisa dikembangbiakan dengan cara ini antara lain:

- Singkong, Mawar, Rosemary, Lavender

3. Merunduk

        Cara merunduk dilakukan dengan menumbuhkan akar dari batang yang ditanam (dirundukan) ke  dalam tanah. Bagian cabang atau ranting yang tertimbun tanah tersebut akan tumbuh akar. Setelah akar cukup kuat maka batang yang menghubungkan dengan tanaman induk dapat dipotong. Contoh tumbuhan yang bisa dikembangbiakan dengan cara ini antara lain:

- Kangkung, Sirih, Stroberi, Apel, Sirih Gading

Fungsi Kotiledon

    Fungsi kotiledon bagi perkembangan biji sangatlah penting, yaitu sebagai sumber cadangan makanan  yang digunakan untuk proses pertumbuhan dari terbentuknya kecambah sampai tumbuhan tersebut  dapat membuat makanannya sendiri yang ditandai dengan terbentuknya daun yang sempurna dan  kotiledonnya mulai rontok/mengecil.

Perkembangbiakan Tunas

    Tunas adalah munculnya individu baru pada bagian bonggol (pangkal) batang induk. Berikut ini contoh tanaman yang berkembangbiak dengan tunas adalah:

  1. Pisang = tunas.
  2. Palm = tunas.
  3. Bambu = tunas.
  4. Pinang = tunas.
  5. Tebu = tunas.

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post