Rangkuman Materi Kelas 4 Bahasa Indonesia Tema 2

 

Rangkuman Materi

Poster

        Pengertian poster adalah suatu media publikasi yang memadukan antara tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak/masyarakat umum.

         Poster dipasang di tempat keramaian dan strategis, seperti di kawasan sekolah, pasar, perkantoran, fasilitas kesehatan, dan lainnya. Informasi yang disampaikan oleh poster bersifat mengajak.

Syarat/Kriteria Poster

Berikut adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi dari sebuah poster:

  • Menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh semua kalangan.
  • Memiliki susunan kalimat yang singkat, padat, jelas, akan tetapi tetap dapat menyampaikan maksud dari poster tersebut.
  • Kombinasi antara tulisan dan gambar.
  • Harus bisa menarik perhatian orang banyak.
  • Menggunakan bahan yang kuat dan tahan terhadap cuaca, sehingga tidak mudah rusak dan/atau sobek, dan terakhir.
  • Sesuaikan ukuran poster dengan sasaran lokasi yang akan digunakan untuk menempel dan/atau memasang poster, serta target pembaca.

Teks Petunjuk

Teks petunjuk adalah teks yang di dalamnya terdapat arahan, bimbingan, pedoman, atau panduan untuk melakukan, menggunakan, atau membuat sesuatu.

Jenis-jenis Teks Petunjuk

Berikut beberapa jenis teks petunjuk. Penggunaannya sering kita lakukan dalam kehidupan sehari￾hari, antara lain:

1. Petunjuk menggunakan alat

Berbagai alat yang ada di sekitar kita memiliki petunjuk. Petunjuk menggunakan alat merupakan ketentuan bagaimana menggunakan suatu alat.

Contohnya dalam kehidupan sehari-hari adalah petunjuk memasang baterai pada mainan mobil-mobilan, petunjuk mengisi ulang tinta spidol, dan lain-lain.

2. Petunjuk menggunakan obat

Petunjuk menggunakan obat adalah panduan untuk mempermudah konsumen ketika menggunakan obat. Petunjuk umumnya tercantum dalam kemasan bagian belakang.

Selain petunjuk, dalam kemasan obat juga tercantum fungsi obat, komposisi obat, cara penyimpanan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan petunjuk penggunaan obat.

3. Petunjuk membuat sesuatu

Ketika membeli makanan seperti min instan, kopi instan, agar-agar instan, dan lainnya, pasti terdapat petunjuk di bagian kemasannya.

Jadi, petunjuk membuat sesuatu adalah arahan untuk mempermudah konsumen ketika membuat sesuatu.

4. Petunjuk melakukan sesuatu

Petunjuk melakukan sesuatu disebut juga tips. Fungsinya sebagai bimbingan untuk melakukan sesuatu. Seringnya kita menemukan tips yaitu di majalah.

Contohnya adalah tips berpakaian saat musim panas, tips berkebun tomat di rumah, tips berpergian saat hujan, dan lain-lain.

5. Petunjuk arah atau denah

Petunjuk arah atau denah adalah panduan untuk mempermudah seseorang menuju suatu tempat. Umumnya denah ini terdapat pada undangan pernikahan, lampiran acara, dan sejenisnya.


Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post