Rangkuman Materi Kelas 5 Bahasa Indonesia Tema 9

 

Rangkuman Materi

Iklan

        Iklan adalah segala bentuk pesan promosi produk atau jasa yang disampaikan melalui media tertentu. Dalam hal ini, iklan menjadi sarana untuk mempromosikan produk tertentu dengan sangat jitu. Contohnya: Iklan televisi, radio, majalah, koran dan lain sebagainya.

Berikut adalah unsur-unsur iklan:

  1. Mengandung kalimat deskriptif
  2. Bersifat membujuk (persuasif)
  3. Menarik perhatian konsumen
  4. Memiliki tujuan yang jelas terhadap pesan, produk, dan jasa yang diiklankan

Jenis-jenis iklan:

    Macam-macam iklan berdasarkan isinya terdiri dari 3 jenis, yakni iklan pemberitahuan, iklan penawaran, dan iklan layanan masyarakat.

  • Iklan Pemberitahuan (Pengumuman)

     Iklan pemberitahuan atau pengumuman merupakan jenis iklan yang bertujuan untuk menarik perhatian khalayak tertentu melalui sebuah informasi atau pemberitahuan tertentu.

        Yang termasuk contoh iklan pemberitahuan misalnya yaitu iklan reuni alumni sekolah, iklan acara kerja bakti, dan sebagainya.

  • Iklan Penawaran (Niaga)

        Iklan penawaran atau niaga merupakan jenis iklan yang bertujuan untuk menawarkan barang atau jasa kepada khalayak ramai, agar dibeli oleh target konsumennya.

    Yang termasuk contoh iklan penawaran misalnya yaitu iklan penjualan makanan, iklan jasa pengobatan, dan sebagainya.

  • Iklan Layanan Masyarakat

        Iklan layanan masyarakat merupakan jenis iklan yang bertujuan untuk memberikan penjelasan dan pencerahan mengenai sesuatu hal, biasanya diterbitkan oleh instansi atau lembaga pemerintah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pada isu-isu tertentu.

        Yang termasuk contoh iklan layanan masyarakat misalnya yaitu iklan ajakan menghemat listrik, iklan larangan buang sampah sembarangan, dan sebagainya.


Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post