Teks Berita

 
Teks Berita

Mengidentifikasi Unsur-Unsur Teks Berita dan Menentukan Isi Pokok Teks Berita

Sebelum mengidentifikasi dan menanggapi teks berita, bacalah teks berikut dengan cermat!

Risma Motivasi Peserta Didik Kesetaraan PKBM Surabaya

SURABAYA — Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memberikan motivasi kepada ribuan peserta anak didik kesetaraan dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dalam acara Penguatan Pendidikan Karakter di Graha Sawunggaling, Surabaya, Minggu (4/3).

Dalam awal sambutannya, Walikota Surabaya mengatakan bahwa tidak ada hal yang tidak bisa, kalau kita mau mempersiapkannya dari sekarang.

Pada kesempatan itu, Risma menekankan beberapa poin penting yakni dalam menghadapi persiapan Ujian Nasional (UN), agar hal tersebut tidak dijadikan beban dan ketakutan. Sebab, lanjut dia, tidak ada sesuatu yang sulit ataupun susah jika seseorang itu mau mempersiapkannya mulai dari sekarang.

Selain itu, Risma juga menegaskan kepada seluruh peserta didik kesetaraan bahwa sekolah kejar paket bukanlah akhir dari segalanya karena parameter keberhasilan seseorang bukan karena ia berasal dari lulusan sekolah formal ataupun nonformal. Namun, kemauan dan kerja keras yang bisa menjadikan seseorang itu berhasil dan sukses. Menurutnya, keberhasilan seseorang ditentukan oleh dirinya sendiri dan itu akan terjadi billa kita mau berusaha. 

Risma juga mengatakan bahwa ijazah bukanlah merupakan satu-satunya alat suatu kesuksesan, tapi usaha dan kerja keras yang menjadikan kunci utama seseorang bisa mencapai suatu kesuksesan.

“Sekolah bukan hanya sekadar mencari ijazah, tetapi bagaimana kita belajar dengan tekun, belajar pada kehidupan, belajar bagaimana kita bisa berhasil. Karena, semua orang diberikan kesempatan yang sama untuk berhasil dan sukses”, ujar Risma memotivasi peserta. 

Wali kota perempuan pertama di Surabaya ini memang dikenal sangat concern dalam dunia pendidikan, tidak terkecuali kepada anak-anak yang menempuh pendidikan kesetaraan. Dengan memberikan motivasi kepada para peserta didik kesetaraan berharap agar mereka tidak lagi merasa minder dan malu. Artinya, wali kota ingin menegaskan bahwa setiap peserta didik yang lulus ujian program Paket A, Paket B atau Paket C mempunyai hak yang sama dan setara dengan pemegang ijazah SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA untuk dapat mendaftar pada satuan pendidikan yang lebih tinggi. Status kelulusan Paket C mempunyai hak yang sama dengan lulusan pendidikan formal dalam memasuki lapangan kerja.

Risma mengatakan bahwa kita semua sama. Yang membedakan adalah semangat dan kemauan karena semua orang berhak untuk berhasil dan sukses.


A. Pengertian dan Fungsi Sosial Teks Berita

Setelah Anda membaca contoh teks berita …. tersebut, tentu Anda dapat menjelaskan apa yang dimaksud dengan teks berita . Berita tersebut berisi Walikota Surabaya, Tri Rismaharini yang menjadi pembicara pada acara Penguatan Pendidikan Karakter kepada peserta didik Kesetaraan se-Kota Surabaya. Walikota Surabaya tersebut memberikan sambutannya di Graha Sawunggaling, Surabaya pada tanggal 4 Maret 2018. 

Berdasarkan hal tersebut, maka yang dimaksud dengan teks berita adalah teks yang berisi tentang kejadian, peristiwa, atau informasi yang berupa fakta.

Setiap teks memiliki tujuan atau fungsi sosial. Pada modul yang lalu, Anda telah mempelajari teks deskripsi yang berfungsi untuk memberikan gambaran kepada pembaca atau pendengar terhadap suatu hal (benda, manusia, hewan, tumbuhan) secara rinci sehingga pembaca/pendengar dapat merasakan apa yang digambarkan. Selain itu, ada juga teks prosedur yang berfungsi untuk memberikan arahan atau cara melakukan sesuatu.

Nah, pada modul ini, kalian akan mempelajari tentang teks berita. Teks berita berfungsi untuk memberikan informasi kepada masyarakat terhadap hal-hal yang terjadi di sekitarnya sehingga menambah wawasan pembaca/pendengarnya.

B. Unsur-Unsur Teks Berita

Teks berita berisi kejadian atau peristiwa yang menginformasikan tentang apa berita tersebut, di mana peristiwa itu terjadi, kapan peristiwa itu terjadi, siapa yang yang ada dalam peristiwa tersebut, mengapa peristiwa itu terjadi, dan bagaimana peristiwa itu terjadi. Unsur ini disebut juga dengan adiksimba (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana). Dalam bahasa Inggris, unsur teks berita ini disebut juga dengan 5W+1H (what, where, when, who, why, dan how).

Secara singkat, unsur-unsur dalam teks berita adalah sebagai berikut:

  1. Apa (what) : berkaitan dengan peristiwa apa yang sedang terjadi
  2. Di mana (where) : berkaitan dengan tempat peristiwa itu terjadi
  3. Kapan (when) : berkaitan dengan waktu yang terjadi
  4. Siapa (who) : berkaitan dengan orang/pihak yang terlibat dalam peristiwa 
  5. Mengapa (why) : berkaitan dengan alasan atau latar belakang peristiwa)
  6. Bagaimana (how) : berkaitan dengan proses terjadinya peristiwa tersebut

C. Menentukan Isi Pokok Teks Berita

Berita-berita yang hadir di tengah-tengah kita baik melalui media cetak (koran, majalah) maupun media elektronik (televisi, radio, gawai) meliputi berbagai hal. Ada berita yang berkaitan dengan alam, sosial, politik, ilmu pengetahuan, budaya, seni, dan lain-lain. 

Untuk mengetahui isi berita tersebut, Anda dapat mengetahui berdasarkan unsur teks berita, yaitu apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana (adiksimba). Unsur-unsur berita ini yang digunakan untuk menentukan isi pokok berita.

Bacalah teks berikut dengan cermat dan perhatikan unsur-unsurnya!

Penantian Panjang Tim Sepak Takraw Indonesia

PALEMBANG - Mimpi Indonesia meraih medali emas sepak takraw Asian Games 2018 terwujud. Penantian panjang selama 28 tahun sejak keikutsertaan sepak takraw pada 1990 lalu, tercapai setelah timnas putra sepak takraw yang turun di nomor quadran putra berhasil meraih medali emas. Di fi nal, Indonesia mengalahkan Jepang melalui pertandingan sengit dengan skor akhir 2-1 di Ranau Hall Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, kemarin.

“Perjuangan para pemain sepak takraw kita memang luar biasa”, kata pelatih sepak takraw Indonesia. Tim Indonesia harus berjuang keras menghadapi tim Jepang. Buktinya, mereka membutuhkan tiga set untuk memastikan kemenangan dengan 15-21, 21-14, dan 21-16. Di set pertama, Indonesia harus mengakui keunggulan Jepang. Namun, pasukan Merah Putih mampu memperbaikinya dengan baik pada dua set terakhir. Di set penentuan, Indonesia tampil memukau sejak awal set ketiga. Indonesia akhirnya memastikan kemenangan dengan angka 21-16 di set ketiga atas Jepan. Kemenangan ini sekaligus menjadi medali emas ke- 31 sekaligus sebagai emas terakhir untuk Indonesia di Asean Games ke-18 ini.


Setelah Anda membaca teks berita Sepak Takraw Meraih Medali Emas ke-31 untuk Indonesia, kita dapat menentukan isi pokok teks berita berdasarkan unsur-unsurnya, yaitu:

  1. Apa: Mimpi Indonesia meraih medali emas sepak takraw Asian Games 2018 terwujud.
  2. Di mana: Ranau Hall Jakabaring Sports City, Palembang.
  3. Kapan: 9 September 2018
  4. Siapa: Tim sepak takraw Indonesia dan tim sepak takraw Jepang.
  5. Mengapa: Penantian panjang selama 28 tahun sejak keikutsertaan sepak takraw pada 1990 lalu, tercapai untuk meraih medai emas.
  6. Bagaimana: Tim Indonesia harus berjuang keras menghadapi tim Jepang dengan tiga set. Di set pertama, Indonesia harus mengakui keunggulan Jepang. Namun, di set kedua dan ketiga, Indonesia tampil memukau dan berhasil meraih kemenangan dan merebut medali emaske-31 untuk Indonesia.

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post