Rangkuman Materi Kelas 6 Bahasa Indonesia Tema 5

 

Rangkuman Materi


Formulir

Apa itu formulir?

    Formulir adalah lembaran kartu/kertas dengan ukuran tertentu yang didalamnya terdapat data/informasi yang bersifat tetap dan juga bagian lain yang diisi dengan bagian yang tidak tetap. Keuntungan penggunaan formulir adalah kita tidak perlu menulis sembarangan dan kita akan tahu apa yang perlu dijawab dan tidak perlu dijawab dari pertanyaan tersebut. 

Jenis-jenis formulir

    Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menemukan beberapa jenis formulir. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Formulir Pendaftaran. Formulir ini digunakan pada saat akan mendaftar pada suatu kegiatan. Isian biodata berupa nama, tanggal lahir, alamat, nomor telepon, keleuarga, hobi, minat, dan lain sebagainya yang diperlukan untuk pendaftaran event atau komunitas tertentu.
  2. Formulir Slip Tabungan. Formulir ini digunakan pada saat akan memasukan uang tabungan mamupun penarikan tabungan. Isian formulir berupa rincian biodata ditambah nomor rekening, jumlah setoran, tanda tangan sendiri, dan tanda tangan teller bank.
  3. Formulir Anggota. Biasanya berupa biodata singkat, tanda tangan pemilik, dan pernyataan kesediaan sebagai anggota.
  4. Formulir Daftar Riwayat Hidup atau CV (Curiculum Vitae). Seperti namanya, formulir ini isiannya berupa riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, pengalaman sebelumnya, serta karya yang sudah dihasilkan.
  5. Formulir Isian Kartu atau Wesel Pos. Kolom isian berupa biodata singkat dan alamat tujuan pos serta nama pengirim dan penerima.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis/mengisi formulir pendaftaran

  1. Pastikan kamu mengambil formulir pendaftaran yang sesuai. Hal ini dikarenakan kemungkinan tersedia beragam formulir pendaftaran yang disediakan. Pastikan formulir pendaftaran yang kamu ambil sesuai dengan tujuanmu.
  2. Pastikan kamu menggunakan pulpen dengan tinta hitam atau biru ketika mengisi formulir. Beberapa formulir bahkan hanya dapat diisi dengan tinta hitam.
  3. Pastikan kamu mengisi formulir dengan menggunakan huruf lepas, bukan bersambung. Kamu biasanya dapat mengisi formulir dengan huruf balok seluruhnya atau cukup huruf lepas.
  4. Pastikan kamu mengisi data identitas diri sesuai dengan KTP/SIM dsb, kecuali data-data lain seperti alamat tinggal saat ini.
  5. Sebelum kamu membubuhkan tanda tangan (jika diperlukan), baca dan pahami sungguh-sunggul klausul atau poin-poin yang membutuhkan tanda tangan kamu karena seketika tanda tangan sudah dibubuhkan, kamu sudah menyetujui klausul yang diberikan dan tidak bisa lagi menolaknya.
  6. Jika ada informasi yang tidak kamu pahami betul, jangan sungkan-sungkan menanyakan informasi tersebut pada petugas di tempat atau jika kamu mengisinya di rumah setelah mengunduh formulir dari internet, pastikan kamu mempelajari semua informasi yang disampaikan di formulir.
  7. Jangan memberikan informasi yang tidak sebenarnya di formulir pendaftaran karena kamu dapatdigugat secara hukum.
  8. Jika terdapat bagian-bagian yang membutuhkan tanda tangan, pastikan kamu sudah memerika tempat dan tanggal pembubuhan tanda tangan, serta mencantumkan nama lengkapmu sebelum membubuhkan tanda tangan.
  9. Jika tanda tangan harus dibubuhkan di atas meterai, pastikan sebagian (biasanya setengah) dari tandatanganmu tercantum di atas meterai dan sisanya di kolom tanda tangan.
  10. Pastikan seluruh formulir telah kamu lengkapi dan periksa apakah ada halaman tertentu yang membutuhkan paraf atau tanda tangan lain.

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post