Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi

 

Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi

Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi

A. Mengidentifikasi Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi

Setelah kalian mengenali ciri teks eksposisi, sekarang kalian akan diajak untuk memahami struktur dan kaidah kebahasaan teks eksposisi. Teks eksposisi memiliki struktur dan kaidah kebahasaan tersendiri. Hal ini perlu dipahami untuk memudahkan kita membedakan teks eksposisi dengan teks lainnya.
Bagaimana struktur teks eksposisi?. Mari kita baca terlebih dahulu bagaimana struktur teks eksposisi.

1. Struktur Teks Eksposisi

Teks eksposisi terdiri dari 3 bagian yaitu tesis, argumen, dan penegasan ulang. Berikut struktur teks eksposisi.
  • a. Tesis, yaitu pengenalan isu atau pandangan penulis secara umum mengenai topik yang akan dibahas.
  • b. Rangkaian argumen, berupa beberapa pendapat penulis atas tesis yang telah diuraikan. Pendapat penulis diperkuat dengan fakta. Jadi fakta yang mendukung gagasan penulis dihadirkan di sini.
  • c. Penegasan ulang yang disebut juga penutup atau kesimpulan. Pada bagian ini disajikan simpulan dan rangkuman topik yang dibahas.

Secara ringkas struktur teks eksposisi digambarkan sebagai berikut:

Struktur Teks Eksposisi
Tesis (Isu, permasalahan, pandangan umum penulis)
Rangkaian Argumen (Pendapat dan fakta)
Penegasan Ulang (Simpulan dan rangkuman)

2. Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi

  • a. Menggunakan kata-kata teknis atau peristilahan yang berkaitan dengan topik pembahasan. Contohnya dalam teks Bencana Hidrometeorologi dapat Kita Minimalisir terdapat kata hidrometeorologi, signifikan, minimalisir, dan ilegal.
  • b. Menggunakan kata-kata kausalitas (menunjukkan hubungan argumentasi) seperti jika, sebab, karena, dengan demikian, akibatnya, oleh karena itu dan menggunakan kata-kata kronologis (keterangan waktu) seperti sebelum itu, kemudian, pada akhirnya, ataupun menggunakan kata-kata yang menyatakan perbandingan/pertentangan seperti sebaliknya, berbeda halnya, namun.
  • c. Menggunakan kata-kata kerja mental (mental verba), contohnya penggunaan kata diharapkan, memprihatinkan, memperkirakan, mengagumkan, dan lain sebagainya.
  • d. Menggunakan kata-kata perujukan seperti berdasarkan data….., sesuai dengan pernyataan….
  • e. Menggunakan kata-kata persuasif (mengajak) seperti sebaiknya, harusnya, diharapkan, dan menggunakan kata-kata denotative (bermakna sebenarnya).

B. Menyajikan Teks Eksposisi

1. Langkah-langkah penyajian

Penyajian teks eksposisi harus memperhatikan susunan strukturnya yang terdiri dari tesis, diikuti rangkaian argumen, kemudian diakhiri dengan penegasan kembali. Pada teks eksposisi juga perlu adanya penyajian fakta sebagai pendukung argumen-argumen yang telah dipaparkan. Langkah-langkah penyajiannya adalah sebagai berikut:
  • a. Menentukan isu atau permasalahan.
  • b. Membaca berbagai sumber yang berkaitan dengan isu dan melakukan pengamatan lapangan
  • c. Mendaftar topik yang berkaitan dengan isu berdasarkan hasil yang didapatkan setelah melakukan langkah b.
  • d. Menyusun kerangka dan struktur teks eksposisi secara sistematis.
  • e. Mengembangkan kerangka menjadi teks eksposisi. Mengembangkan topik yang telah terdaftar menjadi beberapa argumen dengan tetap memperhatikan kaidah kebahasaan teks eksposisi.

2. Kegiatan Penyuntingan

Penyuntingan dilakukan setelah teks eksposisi selesai dibuat. Sebelum disajikan kepada pembaca, teks eksposisi perlu melalui proses ini. Unsur-unsur yang perlu disunting yaitu: 
  • a. Isi teks eksposisi haruslah memiliki daya tarik baik pada bagian isu, argumen, dan fakta sebagai pendukungnya.
  • b. Struktur teks harus urut dan lengkap. Kalimat-kalimat yang dirangkai harus saling berkaitan dan merujuk pada isu atau topik yang sedang dibicarakan.
  • c. Kaidah kebahasaan yang digunakan sesuai dengan karakteristik dari teks eksposisi. Paragraf yang disusun memerlukan keefektifan kalimat dan ketepatan penulisan ejaan. Penyunting memerlukan pemahaman tentang tata bahasa dan penulisan ejaan yang lebih.

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post