Menulis Teks Laporan Percobaan

 

Menulis Teks Laporan Percobaan


Semua orang pernah melakukan percobaan, demikian dengan Anda. Percobaan untuk mendapatkan hasil yang lebih efisien, membuktikan pendapat, atau menemukan suatu inovasi. Tentu saja tidak semua orang menuliskan dalam suatu laporan, sebagian besar lebih menyukai menyimpan dalam memori atau otaknya. 

Anda mungkin pernah melakukan percobaan mencampur beberapa jenis teh, sehingga menghasilkan aroma dan rasa yang nikmat. Apakah sama bila Anda mencampur 3 jenis teh dengan 7 jenis teh? Lalu apakah semua teh tersebut dicampur? Apakah dengan berat/komposisi yang sama atau berbeda? Bagaimana Anda mendapatkan campuran teh terbaik menurut Anda? Apa yang dapat Anda simpulkan dari percobaan ini? Pada unit ini, Anda diminta untuk menuliskan percobaan yang Anda lakukan, mulai dari tujuan Anda melakukan percobaan sampai mendapatkan kesimpulan.


Teks Laporan

Menulis Teks Laporan Percobaan

 Untuk menuliskan teks laporan percobaan, tentu saja Anda harus mengetahui struktur teks laporan percobaan. Anda perlu mengingat kembali struktur teks laporan percobaan yang dipelajari di Unit 1. Berikut langkah yang dapat Anda lakukan untuk menulisnya.

1. Menulis Struktur dari Teks Laporan Percobaan

 Langkah pertama dalam membuat teks laporan percobaan ialah terlebih dahulu dengan cara membuat struktur teks laporan percobaan. Langkah ini bisa dimulai dari:

  • Menulis judul
  • Tujuan percobaan
  • Landasan teori
  • Alat serta bahan yang dipakai
  • Langkah-langkah Percobaan (menjelaskan langkah awal sampai akhir percobaan)
  • Bagian selanjutnya dari teks laporan percobaan (hasil dan kesimpulan) akan ditulis setelah Anda selesai melakukan percobaan.

2. Menuliskan hasil percobaan tidak harus dengan kata-kata.

Anda dapat menuliskan dalam bentuk grafik, tabel, bagan atau gambar agar pembaca lebih mudah dalam memahami hasilnya. Sesudah semuanya selesai, selanjutnya tulislah kesimpulan dari hasil percobaan yang telah dilakukan.

3. Mengembangkan Kerangka jadi Sebuah Teks

 Sesudah menyelesaikan kerangka tersebut, lalu kembangkanlah jadi sebuah teks. Jangan lupa pula untuk memerhatikan kaidah dari kebahasaannya yang dipakai supaya teks percobaan ini mudah dipahami oleh pembaca. Penulisan kerangka menjadi sebuah teks, dapat dilakukan sebagai berikut.

a. Judul percobaan. Tuliskan judul dari percobaan yang dilakukan, diawali dengan huruf kapital tiap awal kata, dengan letak di tengah baris.

b. Tujuan percobaan. Tuliskan tujuan percobaan yang dilakukan. Ada berapa tujuannya, semua ditulis.

c. Kajian teori. Tuliskan landasan teori yang mendasari percobaan yang dilakukan, dengan mencari pada sumber belajar atau buku-buku pelajaran atau diakses di internet. Teori yang diperoleh susun dengan logis, hirarkis, dan sesuai dengan keruntutan ilmu. Setelah mengkaji teori, kemudian susunlah hipotesis berdasarkan hasil kajian teori dan sesuaikan dengan tujuan percobaan. Hipotesis adalah jawaban sementara terhadap percobaan yang akan dilakukan.

d. Alat dan bahan. Tuliskan alat-alat yang memang benar digunakan pada saat percobaan. Bahan yang memang benar digunakan ditulis sesuai dengan apa yang digunakan saat percobaan.

e. Prosedur/cara kerja. Sampaikan cara kerja dengan kalimat aktif, bukan kalimat perintah. Jangan meniru kata operasional yang ada pada LKS, yang berupa kalimat perintah. Buatlah kalimat perintah menjadi kalimat aktif sehingga menceritakan apa yang telah dilakukan saat percobaan.

f. Hasil pengamatan. Tuliskan hasil pengamatan sesuai dengan apa yang didapatkan saat percobaan. Data dapat ditulis secara deskriptif atau dalam bentuk tabel hasil pengamatan. Lakukan pengamatan sebaik-baiknya saat melakukan percobaan, sehingga diperoleh data yang akurat dan reliabel.

g. Analisis data dan pembahasan. Pada saat melakukan analisis data diperlukan pikiran kritis, dan penerapan teori yang telah ditulis dengan memadukan hasil pengamatan. Hasil dibahas secara deskriptif atau perhitungan (jika ada), dengan menerapkan konsep yang ada serta menggunakan teori dan tinjauan dari berbagai sudut pandang. Tiap hasil yang didapat harus dibahas secara detil untuk memperoleh kesimpulan yang benar.

h. Kesimpulan dan saran. Tuliskan kesimpulan dengan ringkas sesuai dengan tujuan percobaan. Kesimpulan merupakan jawaban dari hipotesis yang diajukan.

i. Daftar pustaka. Tuliskan pustaka (buku) yang telah kamu baca sebagai sumber bacaan atau belajar. Penulisan daftar pustaka mengikuti pedoman yang telah diberikan, yaitu nama pengarang, tahun terbit, judul buku, kota penerbit, dan penerbit. Jika diakses dari internet, tuliskan kapan hal tersebut diakses.

 Sumber

Menulis teks laporan percobaan, Anda juga perlu memperhatikan penyajian informasi yang berimbang sesuai fakta yang didapatkan dari hasil percobaan. Anda harus jujur menuliskan teks laporan percobaan Anda, karena bisa saja percobaan yang Anda lakukan mengalami kendala yang hasilnya berbeda dari yang diharapkan.


Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Percobaan

 Unsur kebahasaan dalam teks rekaman percobaan serupa dengan unsur kebahasaan dalam teks prosedur. Jadi, di dalamnya terdapat sinonim, antonim, kata bilangan, kata hubung, dan kalimat perintah.

1. Menggunakan sinonim dan antonim

 Pada teks laporan percobaan biasanya terdapat kata yang bersinonim atau bahkan berantonim. Biasanya kata-kata ini terdapat pada bagian langkah-langkah percobaan.

2. Menggunakan kata bilangan

 Pada teks laporan percobaan akan ditemukan kata bilangan yang menunjukkan jumlah bahan yang digunakan dalam percobaan. Contohnya empat buah, dua tetes, lima lembar, dan lainnya.

3. Menggunakan kata hubung

 Pada teks laporan percobaan akan ditemukan kata hubung dan, tetapi, apabila, saat, jika, sehingga, meskipun, dan lainnya

4. Menggunakan kalimat perintah

 Pada teks laporan percobaan terdapat kalimat perintah seperti sebaiknya, hindari, campurkan, satukan, aduklah, dan lilitkan.

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post