Soal Teks Diskusi (2)

 

Soal Teks Diskusi (2)

Soal Teks Diskusi (2)

1. Bacalah teks berikut!

 (1) Akhir-akhir ini kita sering merasakan suhu bumi yang begitu panas. (2) Di daerah dataran tinggi seperti Bogor, Bandung, dan sekitarnya tidak terasa sejuk lagi. (3) Peristiwa tidak seimbangnya suhu bumi ini karena bumi saat ini mengalami pemanasan global. (4) Pemanasan global itu atau sering disebut sebagai Global Warming.

 (1) Global Warming adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer laut dan daratan bumi. (2) Peristiwa ini sering terjadi di negara yang kurang memedulikan keharmonisan lingkungan. (3) Perlu dipikirkan upaya menghentikan pemanasan global. (4) Berdasarkan pendapat para ahli, perlu segera dicari solusi untuk membatasi penyebab pemanasan global demi kelestarian lingkungan.

 Pernyataan yang menunjukkan persetujuan pada paragraf kedua tersebut ditandai dengan nomor ....

A. (1) 

B. (2) 

C. (3) 

D. (4)


2. Bacalah teks berikut!

 Banyak sekolah melarang siswanya membawa telepon seluler ke sekolah. (2) Sebagian besar menganggap bahwa membawa telepon seluler ke sekolah dapat memengaruhi konsentrasi siswa dalam menerima pelajaran. (3) Hal itu memang benar, ketika telepon berdering di kelas, maka kegiatan pembelajaran akan terganggu. (4) Meskipun begitu ada beberapa sekolah yang tidak sepakat dengan pernyataan tersebut.

 Kalimat yang menyatakan persetujuan pada teks tersebut adalah ....

A. (1) 

B. (2) 

C. (3) 

D. (4)


3. Bacalah teks berikut!

 (1) Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI, OSIS SMP Tunas Bangsa mengadakan kegiatan Lomba Baca Puisi dan Lomba Tata Upacara antar kelas. (2) Lomba tersebut diselenggarakan tanggal 14-15 Agustus 2014. (3) Guru dan siswa bekerja sama menyukseskan acara tersebut. (4) Kegiatan itu mengingatkan perjuangan pahlawan karena memiliki tujuan yang sama yaitu kesuksesan.

 Kalimat yang menyatakan alasan yang mendukung terhadap masalah pada teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ....

A. (1) 

B. (2) 

C. (3) 

D. (4)


4. Bacalah teks berikut!

 (1) Pemilihan OSIS dengan cara paket akan segera diselenggarakan. (2) Sistem itu baik karena setiap pasangan dapat saling mengisi kekurangan saat berkampanye. (3) Namun, kegiatan ini berjumlah lazim. (4) Oleh karena itu, perlu diyakinkan peserta didik yang menjadi calon pengurus OSIS.

 Kalimat yang menyatakan mendukung persoalan terdapat pada nomor ...

A. (1) 

B. (2) 

C. (3) 

D. (4)


5. Bacalah teks berikut!

 (1) Banjir di Jakarta tidak semata-mata faktor alam. (2) Jakarta yang terletak di pinggir laut juga bukan faktor utama. (3) Aktivitas dan ulah warga berpengaruh pada terjadinya banjir di Jakarta. (4) Banyak warga yang masih membuang sampah ke sungai. (5) Lebih dari enam ton sampah diangkat dari pintu air Manggarai.

 Kalimat yang mendukung persoalan terdapat pada nomor ....

A. (2) 

B. (3) 

C. (4) 

D. (5)


6. Bacalah teks berikut!

 Tidur merupakan salah satu cara menjaga tubuh agar tetap sehat. Orang yang tidur 8 jam per malam, bisa dipastikan lebih sehat dibandingkan orang yang sering bangun sepanjang malam. Tidur yang baik memulihkan sistem imun. Ketika tidur pulas di malam hari, kadar melatonik meningkat dan memperbaiki imunitas.

 Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ...

A. Tidur yang cukup sebaiknya kurang dari 8 jam sehari.

B. Tidur yang cukup dapat meningkatkan imunitas diri.

C. Tidur dengan waktu cukup dan berkualitas melindungi diri dari penyakit.

D. Tidur cukup adalah tidur yang tidak bangun-bangun sepanjang malam.


7. Bacalah teks berikut!

 Limbah atau hasil buangan kapal sering menimbulkan masalah yang sangat serius bagi biota laut, belum lagi ulah penumpang yang membuang sampah sembarangan ke laut. Mereka tidak menghiraukan pengaruh sampah-sampah dan gas buang tersebut terhadap kehidupan di laut. Padahal mereka tahu bahwa laut juga merupakan sumber penghidupan nelayan. Ikan, terumbu karang, dan biota laut lainnya akan pergi ke laut yang lebih dalam. Lebih parah lagi ada beberapa yang mati karena pencemaran laut tersebut.

 Simpulan isi bacaan di atas adalah ….

A. Limbah dan sampah yang dibuang ke laut sering menimbulkan masalah yang sangat serius bagi biota laut, belum lagi ulah penumpang yang membuang sampah sembarangan di laut.

B. Limbah dan sampah yang dibuang ke laut akan mencemari laut yang menjadi sumber penghidupan nelayan.

C. Para penumpang tidak menghiraukan pengaruh sampah terhadap kehidupan biota laut.

D. Air laut yang tercemar tidak dapat digunakan sebagai tempat ikan dan terumbu karang.


8. Bacalah teks berikut

 (1) Memiliki telepon seluler pintar memang menyenangkan. (2) Tidak hanya menghibur, ponsel pintar tersebut juga bermanfaat untuk membantu pekerjaan. (3) Tidak heran jika penggunanya terus bertambah. (4) Namun, perangkat canggih itu menyimpan efek buruk yang dapat mengganggu kesehatan.

Kalimat yang menyatakan pertentangan persoalan terdapat pada nomor ….

A. (1) 

B. (2) 

C. (3) 

D. (4)


9. Bacalah teks berikut!

 (1) Kebakaran hutan dan lahan pada 2017 semakin meluas. (2) Titik panas kebakaran pun semakin banyak setiap harinya. (3) Titik panas bukan saja terjadi di daerah yang biasa mengalami kebakaran, tetapi daerah baru pun cukup banyak. (4) Keadaan ini harus cepat di atasi. Jika tidak diatasi, semua hutan akan terbakar.

Pernyataan yang mendukung masalah terdapat pada kalimat …

A. (2) dan (3) 

B. (2) dan (4)

C. (3) dan (5) 

D. (4) dan (5)


10. Bacalah teks berikut!

 Sejumlah kalangan meminta pemerintah mencabut (…) pajak untuk mobil murah dan ramah lingkungan. Hal ini untuk meringankan beban pihak yang terkait.

Istilah yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ….

A. inflasi 

B. instruksi 

C. inspeksi 

D. insentif


11. Bacalah teks berikut!

 (1) Penetrasi pasar minuman ala luar negeri mengancam keberadaan minuman tradisional. Kemasan dan strategi pemasaran minuman ala luar negeri lebih menarik. Minuman tradisional kalah bersaing dengan minuman kemasan ala luar negeri. (2) Minuman tradisional merupakan warisan nenek moyang yang harus dilestarikan. (3) Minuman tradisional tanpa bahan pengawet. Minuman tradisional lebih sehat daripada minuman kemasan ala luar negeri. Sebaliknya, minuman kemasan ala luar negeri menggunakan bahan pengawet. (4) Minuman tradisional lebih mudah dibuat sendiri daripada minuman kemasan ala luar negeri. Bahannya pun mudah didapatkan.

 Kalimat yang tidak menyatakan pernyataan positif terhadap minuman tradisional tersebut terdapat pada kalimat nomor ….

A. (1) 

B. (2) 

C. (3) 

D. (4)


12. Bacalah kalimat berikut!

 Melalui vaksinasi, cacat tubuh dan kematian dicegah (…) penurunan kualitas hidup akibat berbagai penyakit dapat dicegah.

 Penggunaan kata penghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah 

A. karena 

B. walaupun 

C. sehingga 

D. akan tetapi


13. Bacalah teks berikut!

 (1) Sudah menjadi keyakinan masyarakat bahwa anak yang pintar ilmu matematika, fisika, kimia, biologi, bahasa Inggris, atau ilmu ekonomi itu adalah anak yang cerdas. (2) Jika anak tidak bisa dalam ilmu-ilmu tersebut, umumnya masyarakat menganggap anak tersebut tidak cerdas. (3) Bahkan, sebagian besar orang tua malu bila anaknya tidak mampu dalam ilmu-ilmu tersebut. (4) Sesungguhnya setiap anak memiliki bakat untuk cerdas yang tergantung bagaimana orang tua mengembangkan kecerdasan dasar yang dimiliki anak.

 Pernyataan yang merupakan argumen menentang pada teks tersebut ditandai dengan nomor ….

A. (1) 

B. (2) 

C. (3) 

D. (4)


14. Baca dan perhatikan teks berikut!

 Gambar animasi yang terlalu banyak pada buku ini mengaburkan isi buku. Buku ini berbicara tentang kehidupan dan dibaca oleh orang tua. (…). Namun, dari kekurangan yang ada, buku ini tetap banyak manfaatnya bagi orang tua yang menginginkan anak-anaknya menjadi pribadi yang baik.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ….

A. Selain itu, banyak istilah-istilah asing yang sulit dipahami.

B. Buku ini menyajikan gambaran kehidupan yang enak diikuti.

C. Uraian yang tersaji cukup fokus pada persoalan kehidupan anak.

D. Banyak orang tua yang merasa kesulitan dalam menangani keinginan anak-anaknya.


15. Bacalah teks berikut!

 (1) Insidious adalah sebuah contoh film horror terbaik yang sekarang sudah jarang ada. (2) Dari opening title di awal, film ini sudah menunjukkan usaha yang bagus untuk mempengaruhi pikiran Anda. (3) Sebuah keluarga pindah ke rumah tua dan mereka langsung merasakan ada hal yang salah di sana. (4) Tetapi, film ini terganggu dengan sedikit inkonsistensi. (5) Para karakter di sini bertingkah berlawanan dengan interest mereka, mungkin agar lebih mudah bagi penulis skenario. (6) Sutradara terlalu memperhatikan efek, tetapi kurang detail dengan sequence dan tensi filmnya.

 Hal yang menyatakan kelemahan film terdapat pada kalimat ….

A. (1) dan (3) 

B. (2) dan (5) 

C. (3) dan (6) 

D. (4) dan (6)


16. Bacalah teks berikut!

 Orang tua yang melakukan tindakan kekerasan terhadap anak cenderung terisolasi secara sosial. Sedikit sekali orang tua yang bertindak keras ikut dalam suatu organisasi masyarakat. Kebanyakan di antara mereka mempunyai hubungan yang sedikit dengan teman atau kerabat.

Komentar yang tepat terhadap isi teks tersebut adalah ….

A. Kekerasan terjadi kepada anak karena orang tua sibuk dalam organisasi.

B. Orang tua yang kurang pergaulan cenderung bertindak keras kepada anak-anaknya.

C. Orang tua harus banyak jalan-jalan supaya tidak melakukan kekerasan kepada anak.

D. Orang tua yang melakukan kekerasan kepada anak karena anak tidak mempunyai teman.


17. Bacalah teks berikut!

 Mencetak anak dengan prestasi akademis bagus tidaklah mudah, tetapi mencetak anak yang memiliki akhlak yang baik itu jauh lebih sulit. Hal tersebut membutuhkan ketegasan, kesadaran dan kebiasaan yang bukan hanya wacana, tetapi juga contoh yang baik, khususnya dari guru dan kepala sekolah. Melalui pembiasaan yang baik, nilai-nilai moral yang baik pun akan tertanam. Salah satu pembiasaan yang dapat menumbuhkan karakter positif adalah kegiatan siswa membaca 15 menit sebelum memulai pelajaran.

 Komentar yang tepat terhadap isi teks tersebut adalah ….

A. Pembiasaan siswa membaca 15 menit sebelum memulai pelajaran dapat menumbuhkan karakter positif sehingga seharusnya sekolah menerapkannya.

B. Tidak ada kaitan antara mencetak anak yang memiliki akhlak yang baik dengan pembiasaan siswa membaca 15 menit sebelum memulai pelajaran.

C. Seharusnya sekolah lebih mengutamakan mencetak anak dengan prestasi akademis yang bagus daripada mencetak anak yang memiliki akhlak yang baik.

D. Sebaiknya sekolah tidak memaksakan pembiasaan siswa membaca 15 menit sebelum memulai pelajaran karena belum ada contoh yang baik.


18. Bacalah teks berikut!

 Tidur merupakan salah satu cara menjaga tubuh agar tetap sehat. Orang yang tidur 8 jam per malam, bisa dipastikan lebih sehat dibandingkan orang yang sering bangun sepanjang malam. Tidur yang baik memulihkan sistem imun. Ketika tidur pulas di malam hari, kadar melatonik meningkat dan memperbaiki imunitas.

Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ....

A. Tidur yang cukup sebaiknya kurang dari 8 jam sehari.

B. Tidur yang cukup dapat meningkatkan imunitas diri.

C. Tidur dengan waktu cukup dan berkualitas dapat melindungi diri dari penyakit.

D. Tidur yang cukup adalah tidur yang tidak bangun-bangun sepanjang malam.


19. Bacalah teks berikut!

 Limbah atau hasil buangan kapal sering menimbulkan masalah yang sangat serius bagi biota laut, belum lagi ulah penumpang yang membuang sampah sembarangan ke laut. Mereka tidak menghiraukan pengaruh sampah-sampah dan gas buang tersebut terhadap kehidupan di laut. Padahal mereka tahu bahwa laut juga merupakan sumber penghidupan nelayan. Ikan, terumbu karang, dan biota laut lainnya akan pergi ke laut yang lebih dalam. Lebih parah lagi ada beberapa yang mati karena pencemaran laut tersebut.

Simpulan isi bacaan di atas adalah ….

A. Limbah dan sampah yang dibuang ke laut sering menimbulkan masalah yang sangat serius bagi biota laut, belum lagi ulah penumpang yang membuang sampah sembarangan di laut.

B. Limbah dan sampah yang dibuang ke laut akan mencemari laut yang menjadi sumber penghidupan nelayan.

C. Para penumpang tidak menghiraukan pengaruh sampah terhadap kehidupan biota laut.

D. Air laut yang tercemar tidak dapat digunakan sebagai tempat ikan dan terumbu karang.


20. Bacalah teks berikut!

 (1) Memiliki telepon seluler pintar memang menyenangkan. (2) Tidak hanya menghibur, ponsel pintar tersebut juga bermanfaat untuk membantu pekerjaan. (3) Tidak heran jika penggunanya terus bertambah. (4) Namun, perangkat canggih itu menyimpan efek buruk yang dapat mengganggu kesehatan.

Kalimat yang menyatakan pertentangan persoalan pada nomor ….

A. (1) 

B. (2) 

C. (3) 

D. (4)

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post