Teks Diskusi

 
Teks Diskusi

Teks Diskusi

A. Pengertian Teks Diskusi

Diskusi adalah salah satu bentuk aktivitas untuk bertukar pikiran atau gagasan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Selain untuk mendapat kesepahaman atas gagasan atau pendapat yang dibicarakan, diskusi juga dapat memperluas pengetahuan dan menambah pengalaman. Hal apa saja di lingkungan yang bersifat aktual (betul-betul terjadi atau sedang menjadi pembicaraan banyak orang) dapat dijadikan bahan diskusi.

Menurut istilah, teks diskusi adalah teks yang memberikan dua atau lebih pendapat berbeda mengenai suatu persoalan. Dua pendapat yang berbeda itu (pro dan kontra, mendukung dan menolak) mengakibatkan kedua pihak saling menyampaikan masalah yang menjadi persoalan pada diskusi. Karena itu bisa juga didefinisikan sebagai tulisan yang mengulas sebuah masalah dengan disertai pendapat yang mendukung maupun yang menolak dan diakhiri dengan simpulan atau rekomendasi penulis.


B. Struktur Teks Diskusi

Teks diskusi mempunyai 4 struktur, yaitu: isu, argumen mendukung, argumen menolak dan simpulan. Untuk lebih memahaminya, simak keterangan berikut ini.

1. Isu

 Isu merupakan bagian pertama dari teks. Bagian ini berisi masalah yang akan didiskusikan secara bersama-sama, atau berisi masalah yang akan didiskusikan lebih lanjut.

2. Argumen Mendukung

 Bagian teks ini berisi argumen (alasan) yang mendukung (pro) suatu hal yang menjadi pokok permasalahan. Setelah menyampaikan masalah pada bagian isu, penulis menyampaikan pendapat dari sudut pandang pendukung. Pendapat tersebut biasanya disertai dengan alasan-alasan dan bukti-bukti untuk mendukung pendapat yang disampaikan sebelumnya.

3. Argumen Menolak

 Bagian ini biasanya menyatu dengan argumen yang mendukung sebagai bagian kedua teks diskusi. Akan tetapi, ada pula yang meletakkannya terpisah. Di sini, argumen yang dikemukakan justru menolak (kontra) hal yang menjadi perkara utama dalam diskusi. Seperti halnya dalam argumen mendukung, argumen menolak atau argumen menentang ini harus disertai alasan-alasan dan bukti-bukti dari sudut pandang kontra.

4. Simpulan

 Ini adalah bagian terakhir dari teks diskusi. Bagian ini berisi kesimpulan dan rekomendasi tentang masalah yang sedang dibahas. Umumnya berupa jalan tengah antara pihak yang mendukung dan pihak yang menolak mengenai sesuatu pada masalah tersebut.

Untuk lebih memahami struktur atau bagian-bagian yang terdapat dalam teks diskusi, perhatikanlah bagan di bawah ini!

Struktur Teks Diskusi
Isu/Masalah Argumen/Pendapat Simpulan/Saran
Pro (Mendukung)
Kontra (Menentang)

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post