Rangkuman Kerja Sama ASEAN

Rangkuman Kerja Sama ASEAN


Rangkuman Kerja Sama ASEAN

1. Kawasan ASEAN memiliki beberapa keunggulan diantaranya dalam bidang sosial budaya dan bidang perekonomian.

2. Dalam bidang sosial budaya, kawasan ASEAN memiliki keunggulan diantaranya banyaknya jumlah penduduk di beberapa negara ASEAN dan banyaknya keragaman budaya yang ada di kawasan ASEAN.

3. Dalam bidang perekonomian, kawasan ASEAN memiliki keunggulan antara lain melimpahnya sumber daya di beberapa negara ASEAN serta tersedianya tenaga kerja bagi sektor perindustrian

4. Selain memiliki keunggulan, kawasan ASEAN juga memiliki beberapa kelemahan. Baik dalam bidang sosial budaya maupun bidang perekonomian.

5. Dalam bidang sosial budaya, kelemahan yang ada di kawasan ASEAN adalah tidak terkendalinya laju pertumbuhan penduduk, tidak meratanya sarana dan prasarana bagi penduduk, serta potensi konflik SARA yang bisa saja muncul karena kawasan ASEAN didiami oleh banyak suku bangsa.

6. Dalam bidang perekonomian, kelemahan yang ada di kawasan ASEAN adalah tidak meratanya persebaran tenaga kerja, masih banyak industri yang belum bisa berkembang, serta masih lemahnya ASEAN dalam persaingan perdagangan internasional.

7. Terlepas dari keunggulan dan kelemahan yang ada, seluruh negara yang berada di kawasan ASEAN melakukan kerja sama dalam berbagai bidang. Diantaranya bidang politik, bidang sosial budaya, serta bidang perekonomian.

8. Di bidang politik kerja sama yang dilakukan adalah menjadikan kawasan ASEAN sebagai ZOPFAN (Zone of Freedom, Peace, and Naturality) dan SEANWFZ (Southeast Asian Nuclear Weapon Free Zone).

9. Dalam bidang sosial budaya, kerja sama dilakukan dalam beberapa bidang diantaranya pendidikan, seni budaya, mitigasi kebencanaan, dan masih banyak yang lain.

10. Dalam bidang perekonomian, banyaknya proyek-proyek strategis yang dikerjakan bersama adalah bukti nyata dari sudah adanya kerja sama di ASEAN dalam bidang ekonomi.

11. Kerja sama ekonomi dapat dibedakan berdasarkan jumlah negara dan wilayah geografisnya.

12. Berdasarkan jumlah negaranya, kerja sama ekonomi terdiri dari kerja sama multilateral dan kerja sama bilateral.

13. Berdasarkan wilayah geografisnya, kerja sama ekonomi terdiri dari kerja sama regional dan internasional

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post