Benua Afrika

 

Benua Afrika

{getToc} $title={Daftar Isi}


Benua Afrika

1. Kondisi Fisik

Posisi geografi s benua Afrika berada pada 37°LU-34°LS dan 17°BB-51°BT. Benua Afrika memiliki luas wilayah 30.224.050 km². Sebagian besar wilayah di Benua Afrika beriklim Tropis. Namun wilayah Afrika bagian utara dan selatan memiliki iklim subtropis. Meskipun demikian bentang alam Benua Afrika dengan banyak gurun mempengaruhi kondisi iklimnya. Oleh karena itu Benua Afrika terkenal beriklim panas dengan suhu tinggi dan curah hujan yang sedikit.

Berikut merupakan batas-batas benua Afrika:

  • Batas Utara : Benua Asia, Benua Eropa dan Laut Mediterania
  • Batas Timur : Samudra Hindia
  • Batas Selatan : Samudra Hindia dan Samudra Atlantik
  • Batas Barat : Samudra Atlantik

2. Kondisi Penduduk

Penduduk di Benua Afrika dapat dikelompokkan menjadi empat kelompok yaitu ras Negro, ras Hamit, ras Khusus dan ras Eropa. Ras Negro meliputi Negro Sudan dan Negro Bantu yang mendominasi 70% penduduk Afrika. Sebagian besar ras Hamit mendiami wilayah Afrika bagian utara dan timur laut. Ras Khusus yang masih primitif seperti ras Pygmy di hutan Kongo, ras Bushmen di Gurun Kalahari dan ras Hottentot. Sebagian besar ras Eropa (orang kulit putih) menghuni negara Afrika Selatan. 

3. Negara-negara di Afrika

Negara-negara di Benua Afrika terdiri atas banyak suku, bangsa, ras dan agama. Afrika terbagi menjadi lima kawasan, yaitu Afrika Utara, Afrika Barat, Afrika Timur, Afrika Tengah dan Afrika Selatan. Berikut adalah tabel persebaran negara-negaranya.

No Nama Negara Ibu Kota No Nama Negara Ibu Kota
Afrika Utara 28 Kenya Nairobi
1 Aljazair Aljir 29 Madagaskar Antananarivo
2 Mesir Kairo 30 Malawi Lilongwe
3 Libya Tripoli 31 Mauritius Port Louis
4 Maroko Rabat 32 Mayotte Dzaoudzi
5 Sudan Khartum 33 Mozambik Maputo
6 Tunisia Tunis 34 Reunion Saint-Denis
7 Sahara Barat El Aainu 35 Rwanda Kigali
Afrika Barat 36 Seychelies Victoria
8 Benin Porto Novo 37 Somalia Mogadishu
9 Burkina Faso Ouagodougou 38 Tanzania Do Doma
10 Pantai Gading Abidjan 39 Uganda Kampala
11 Gambia Banjul 40 Zambia Lusaka
12 Ghana Akra 41 Zimbabwe Harare
13 Guinea Konakri Afrika Tengah
14 Togo Lome 42 Angola Luanda
15 Liberia Monrovia 43 Kamerun Younde
16 Mali Bamoko 44 Afrika Tengah Bangui
17 Mauritania Nauakchoot 45 Cad N’Djamena
18 Niger Niamey 46 Kongo Brazzaville
19 Nigeria Abuja 47 Zaire Kinshasa
20 Senegal Dakar 48 Guinea Ekuitorial Malabo
21 Sierra Leone Freetown 49 Gabon Libreville
22 Guinea-Bissau Bissau 50 Sao Tome dan Principe Sao Tome
Afrika Timur Afrika Selatan
23 Burundi Bujumbura 51 Botswana Gaborone
24 Komoro Moroni 52 Lesotho Maseru
25 Jibuti Jibouti 53 Namibia Windhoek
26 Eritrea Asmera 54 Afrika Selatan Pretoria
27 Ethiopia Addis Ababa 55 Swaziland Mbabane

Contoh negara besar di Benua Afrika adalah Mesir dan Republik Afrika Selatan. Mesir (Egypt) terkenal karena peninggalan sejarahnya. Piramida dan patung Sphinx adalah contoh peninggalan sejarah yang penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan dunia. Beribu kota di Kairo, Mesir berbatasan dengan Laut Tengah di sebelah utara; Arab Saudi, Israel dan Laut Merah di sebelah timur; Sudan di sebelah Selatan dan Libia sebelah barat. 

Sembilan puluh persen wilayah Mesir berupa gurun namun begitu Mesir memiliki sungai terpanjang di dunia yaitu Sungai Nil yang menjadikan daerah-daerah di sekitaran Sungai Nil menjadi sangat subur.  Wilayah Mesir beriklim subtropis dan gurun di bagian selatan dan tengah mesir memiliki 2 kota penting yang menjadi kota pelabuhan, yaitu Iskandariah yang merupakan kota terbesar kedua di Mesir dan kota pelabuhan utama serta Port Said yang menjadi kota pelabuhan di ujung utara Terusan Suez. Penduduk Mesir adalah suku Arab, Hamis, dan Nubia. Kegiatan ekonomi penduduk umumnya di bidang pertanian, peternakan, dan industri. 

Sementara itu, Republik Afrika Selatan termasuk negara kaya karena tambang emas dan berliannya. Negara ini terletak di ujung selatan Benua Afrika. Beribu kota di Cape Town, Republik Afrika Selatan berbatasan dengan Botswana, Namibia, Zimbabwe di sebelah utara; Mozambik, Leshoto, Swaziland, dan Samudra Hindia di sebelah timur; Samudra Hindia di sebelah Selatan dan Samudra Atlantik dan Namibia sebelah barat.

Wilayah Republik Afrika Selatan merupakan dataran tinggi atau plato. Wilayah Republik Afrika Selatan beriklim subtropis. Dua kota penting di Republik Afrika Selatan adalah Johannesburg yang merupakan kota terbesar di Republik Afrika Selatan dan menjadi pusat pertambangan, industri, dan perdagangan; serta Durban yang menjadi kota pelabuhan terbesar di wilayah Afrika Selatan. Penduduk Republik Afrika Selatan terdiri empat ras yaitu Negro Bantu atau bangsa Nguni yang merupakan penduduk pribumi; Kulit putih yang merupakan keturunan Belanda, Inggris, dan Jerman, dan Prancis; Kulit berwarna merupakan campuran kulit putih dan suku Hottentot; serta Orang Asia yang kebanyakan berasal dari India. Kegiatan ekonomi penduduk di bidang pertanian, pertambangan, dan industri.

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post