Benua Amerika

 
Benua Amerika

{getToc} $title={Daftar Isi}


Benua Amerika

1. Kondisi Fisik

Benua Amerika merupakan benua terbesar ke-2 setelah Benua Asia. Luas wilayah Benua Amerika adalah 41.825.581 km². Wilayah Amerika Utara dan Amerika Selatan dihubungkan oleh Tanah Genting Panama. Selain itu terdapat pula terusan Panama yang menghubungkan Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik. 

Posisi geografi s Amerika Utara berada pada 80°LU-20°LU dan 150°BB-30°BB serta Amerika Selatan berada pada 5°LU-40°LS dan 90°BB-30°BB. Berikut adalah batas benua Amerika:

  • Batas Benua | Amerika Utara | Amerika Selatan
  • Batas Utara : Samudra Arktik : Laut Karibia dan Samudra Atlantik
  • Batas Timur : Samudra Atlantik : Samudra Atlantik
  • Batas Selatan : Samudra Pasifik dan Teluk Meksiko : Samudra Pasifik dan laut Nova Scotia
  • Batas Barat : Samudra Pasifik : Samudra Pasifik

Iklim tropis meliputi Amerika Tengah dan sebagian besar wilayah Amerika Selatan. Sedangkan Amerika Serikat, Kanada, dan Amerika Selatan bagian selatan beriklim subtropis dan Amerika bagian barat beriklim gurun.

2. Kondisi Penduduk

Jumlah penduduk Benua Amerika pada tahun 2016 adalah 1 milyar jiwa. Penduduk Amerika terdiri atas 2 golongan berdasarkan pada sifat aslinya.

a. Penduduk Asli, yaitu bangsa Eskimo dan Indian yang termasuk rumpun bangsa Mongol.

b. Penduduk pendatang (imigran), terdiri dari 4 golongan besar, yaitu orang-orang Mongol (kulit kuning). Orang-orang Negro (kulit hitam), orang-orang kulit putih (Eropa), dan orang-orang Mesir. Mereka datang bermigrasi ke benua ini dengan berbagai alasan dan tujuan. Suku bangsa yang ada di Amerika antara lain suku Cheyyene,Comache, Sioux, Apache, Navajo, Pueblo, Cherokee,Iroquois, Mulato,Kreol dan Huron.

3. Negara-Negara di Amerika

Umumnya wilayah Amerika dibagi menjadi 3 bagian, yaitu wilayah Amerika Utara, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Berikut adalah daftar persebaran negara-negara di benua Amerika.

No Nama Negara Ibu Kota No Nama Negara Ibu Kota
Amerika Utara 18 Martinique Fort de France
1 Amerika Serikat Washington 19 Trinidad & Tobago Port of Span
2 Kanada Ottawa 20 Jamaika Kingston
3 Meksiko Mexico City 21 Puerto Rico San Juan
Amerika Tengah Amerika Selatan
4 Kostarika San Jose 22 Brasil Brasilia
5 Elsalvador Domingo 23 Argentina Buenos Aires
6 Antiqua St.Johns 24 Kolombia Bogota
7 Belize Belmopan 25 Paraguay Asuncion
8 Barbados Bridgetown 26 Uruguay Montevideo
9 Dominika Santo 27 Venezuela Caracas
10 Grenada San Salvador 28 Peru Lima
11 Guadeloupe St.Geourge’s 29 Bolivia La Paz
12 Guatemala Guatemala 30 Ekuador Quito
13 Haiti Poutau Prince 31 Chili Santiago
14 Kuba Havana 32 Guyana Georgetown
15 Honduras Teguocipalgapa 33 Guyana Cayenne
16 Nikaragua Managua 34 Suriname Panaribo
17 Panama Panama 35 Kepulauan Falkland Teritori Inggris Raya

Dari negara-negara tersebut, Amerika Serikat adalah negara paling maju dan Brasil adalah negara terluas di Amerika Selatan. Amerika Serikat beribu kota di Washington DC. Berbatasan dengan Kanada di sebelah utara, Samudra Atlantik di sebelah timur, Meksiko dan Teluk Meksiko di sebelah selatan serta Samudra Pasifik di sebelah barat. Wilayah Amerika Serikat beriklim tropis, subtropis, laut, kutub, darat, dan gurun. 

Amerika memiliki beberapa kota penting yang menjadi pusat kegiatan perekonomiannya, diantaranya adalah New York yang menjadi kota terbesar di dunia serta sebagai pusat perdagangan, dan markas besar PBB; kemudian Los Angeles yang menjadi pusat industri perfilman; Philadelphia yang menjadi pusat kesenian dan kota pelabuhan; serta Chicago yang menjadi pusat perdagangan dan industri. Perekonomian Amerika Serikat banyak didukung dari bidang pertanian, pertambangan, industri, dan perdagangan. 

Sedangkan Negara Brasil merupakan negara yang mendapat pengaruh kuat dari Portugis, meskipun umumnya negara di Amerika Latin dipengaruhi oleh Spanyol. Namun Brasil juga terkenal karena prestasi sepak bolanya. Batas wilayah brasil di sebelah utara adalah Venezuella, Guyana, Suriname, Guiana Prancis, dan Samudra Atlantik; disebelah timur adalah Samudra Atlantik; di sebelah selatan adalah Paraguay, Uruguay, dan Samudra Atlantik; di sebelah barat adalah Bolivia, Peru, dan Kolombia. 

Sebagian besar wilayah Brasil berupa pegunungan dan dataran tinggi. Dataran rendah yang luas terdapat di bagian utara yaitu di lembah Sungai Amazon. Wilayah Brasil beriklim tropis dan subtropis. Daerah di Lembah Amazon mendapat curah hujan yang paling tinggi. Beberapa kota penting di Negara Brazil adalah Rio de Janeiro yang merupakan bekas ibu kota Brasil dan memiliki pemandangan indah sangat terkenal sebagai tujuan wisata para turis asing; Sao Paulo yang menjadi pusat industri dan perdagangan; Porto Alegre menjadi kota pelabuhan sungai terbesar di Brasil; serta Salvado sebagai penghasil cokelat, tembakau, kapas, dan minyak. Penduduk Brasil berasal dari bangsa Mestizo, Mulato, dan Zambo, imigran, dan Indian (penduduk Asli). Kegiatan ekonomi penduduk dilakukan di bidang pertanian, peternakan, industri, perdagangan, dan kehutanan.

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post