Benua Antartika

 
Benua Antartika


Benua Antartika

Benua Antartika dikelilingi oleh Samudra Antartika atau Southern Ocean. Benua antartika memiliki luas 15.500.000 km² dan berada pada posisi geografi s 66°33ˡLS-90°LS. Benua Antartika dibatasi oleh Samudra Atlantik, Samudra Hindia dan Samudra Pasifik di sebelah utara. Benua ini dipisahkan oleh pegunungan diantara Laut Ross dan Laut Weddell sehingga wilayahnya menjadi antartika Barat dan Antartika Timur. 

Antartika merupakan benua yang tidak dihuni oleh manusia secara permanen karena hampir seluruh wilayahnya tertutup salju. Ia juga merupakan zona bebas meskipun ada beberapa negara yang mengajukan klaim kepemilikan atas wilayah Benua Antartika. Sebanyak 29 negara menandatangani Traktat Antartika dan memiliki stasiun riset yang digunakan sepanjang tahun.

Kini pengetahuan kita tentang benua pasti bertambah dan juga semakin mengenal benua-benua yang ada di bumi. Bentang alam, iklim, penduduk, dan kegiatan ekonomi di setiap benua berbeda-beda. Kita tahu bahwa tidak semua benua dapat dihuni oleh manusia. Manusia akan memilih tinggal di lingkungan wilayah yang sesuai. Manusia hidup tersebar di wilayah benua. Mereka membentuk kelompok di banyak negara. Berbagai bangsa menjadi penduduk suatu negara dan benua. Kita juga telah mengetahui bahwa penduduk di Bumi memiliki karakteristik fisik, kepribadian dan budaya yang beragam. Sebagai contoh, orang Negro di Afrika berkulit gelap, orang Indian di Amerika Utara berkulit kemerahan dan orang Mongoloid di Asia berkulit kuning-coklat. Keragaman warna kulit bukan suatu halangan untuk saling mengenal. Kita hendaknya menjalin persahabatan dengan warga dunia dan juga suku bangsa yang beragam. Persahabatan akan membuat kehidupan tentram, damai dan menyatu. 

Mengetahui dari benua atau negara mana seseorang berasal maka kita juga akan bisa sedikit membaca bagaimana pola pikir orang tersebut yang tentunya telah dibentuk oleh faktor tempat ia tinggal. Hal ini dapat membuat kita lebih mudah dalam memahami orang lain yang tentu juga dapat bermanfaat ketika kita akan melakukan negosiasi ataupun perjanjian kerja sama dengan orang-orang dari benua atau negara tertentu.

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post