Benua Australia

 

Benua Australia

{getToc} $title={Daftar Isi}

Benua Australia

1. Kondisi Fisik

Benua Australia jika dilihat dari peta berada di bagian selatan negara kita, Indonesia. Letaknya menyendiri di belahan bumi bagian selatan dengan topografi paling rata dibandingkan benua yang lain dan sebagian wilayahnya adalah plato rendah. 

Secara geografis Benua Australia berada pada 10°LS-44°LS dan 113°BT-154°BT. Benua Australia merupakan benua terkecil yang memiliki luas 7.713.000 km² dan uniknya Australia sering disebut sebagai negara benua karena hanya satu Negara di dunia yang wilayahnya meliputi seluruh benua. Batas wilayah benua Australia adalah sebagai berikut:

  • Batas Utara : Laut Timor dan Laut Arafuru
  • Batas Timur : Samudra Pasifik
  • Batas Selatan : Samudra Hindia
  • Batas Barat : Samudra Hindia

Iklim di Benua Australia dibedakan menjadi lima berdasarkan letak lintang dan keadaan alamnya, yaitu: iklim tropis yang terdapat di Australia bagian utara; iklim subtropis di selatan Australia; iklim laut sedang di wilayah selatan Victoria dan Tasmania; serta iklim gurun yang mempengaruhi daerah-daerah gurun.

2. Kondisi Penduduk

Penduduk asli Benua Australia adalah orang Aborigin yang tinggal di daerah-daerah pedalaman yang kering dan tandus. Sedangkan penduduk Australia sebagian besar adalah orang kulit putih yang merupakan imigran dari Eropa dan sebagian yang lain merupakan imigran dari Asia. 

3. Pembagian Wilayah di Australia

Australia terdiri dari enam negara bagian dan dua wilayah teritorial. Berikut ini negara-negara bagian dan wilayah teritorial Australia.

No Nama Negara Ibu Kota
1 New South Walles Sydney
2 Queensland Brisbane
3 Australia Barat Perth
4 Australia Selatan Adelaide
5 Victoria Melbourne
6 Tasmania Hobart
7 Teritorial Ibukota Australia Canbeera
8 Teritorial Australia Utara Darwin

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post