Benua Eropa

 

Benua Eropa

{getToc} $title={Daftar Isi}


Benua Eropa

1. Kondisi Fisik

Benua Eropa berada pada 36°LU-71°BT dan 10°BT-66°BT. Benua Eropa memiliki luas 10.600.000 km². Benua Eropa merupakan benua terkecil kedua di Dunia setelah Benua Australia. Benua Eropa dan Benua Asia pada dasarnya merupakan satu daratan yang biasanya disebut dengan Eurasia. Perbatasan antara Benua Eropa dan Benua Asia terletak pada Pegunungan Ural yang berada di daratan Negara Rusia. Oleh sebab itu, Rusia sering disebut dengan negara yang berada di dua Benua yaitu Benua Eropa dan Benua Asia. Namun wilayah terbesar Rusia masih berada di Benua Asia. Selain Pegunungan Ural, Laut Kaspia dan Pegunungan Kaukasus juga dijadikan tolak ukur perbatasan Benua Eropa dan Benua Asia. 

  • Batas Utara : Laut Barents dan Laut Norwegia
  • Batas Timur : Benua Asia
  • Batas Selatan : Benua Afrika dan Laut Mediterania
  • Batas Barat : Samudra Atlantik

Keadaan alam Benua Eropa dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu dataran rendah, jalur pegunungan lipatan, dan dataran tinggi. Dataran rendah Eropa mencakup sekira dua pertiga wilayah Eropa yang membentang dari barat ke timur dan dikelilingi oleh Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Pegunungan Kaukasus, Laut Hitam, Pegunungan Alpen, dan kawasan Skandinavia Timur.

Iklim di Benua Eropa sendiri dikelompokkan menjadi 4 yaitu, iklim sedang yang dipengaruhi lautan tersebar di kawasan pantai barat dan kepulauan Inggris; iklim sedang yang dipengaruhi daratan tersebar di kawasan pedalaman Eropa bagian barat dan timur; iklim sub arktik terdapat di sekitar garis kutub utara; serta iklim mediteran yang mencakup wilayah Eropa Selatan yang berbatasan dengan Laut Mediterania. 

2. Kondisi Penduduk

Penduduk Benua Eropa dapat dibedakan menjadi 5 yaitu: suku bangsa Nordik yang memiliki ciri-ciri bermata biru dan berambut sangat pirang yang tinggal di wilayah utara seperti Jerman, Belanda dan Semenanjung Skandinavia; suku bangsa Alpina, memiliki ciri-ciri bermata cokelat dan berambut pirang yang tinggal di wilayah tengah seperti Perancis, Swiss dan Belgia; suku bangsa Mediteran memiliki ciri bermata agak kecoklatan dan berambut hitam bergelombang yang tinggal di Italia, Yunani dan Spanyol; suku bangsa Slavia memiliki ciri bermata abu-abu dan biru serta berambut pirang agak keputihan yang biasa tinggal di wilayah Bulgaria, Slovakia dan Yugoslavia; terakhir suku bangsa Dinara yang memiliki ciri berambut gelap dan biasa tinggal di wilayah Rumania. 

3. Negara-Negara di Eropa

Benua Eropa dapat dibagi menjadi beberapa sub-region, yaitu Eropa Timur, Eropa Utara, Eropa Selatan dan Eropa Barat. Berikut ini adalah Negara-negara yang terletak di Benua Eropa beserta Ibu kotanya

No Nama Negara Ibu Kota No Nama Negara Ibu Kota
Eropa Timur 24 Serbia Belgrade
1 Belarus Minks 25 Slovenia Ljubljana
2 Bulgaria Sofia 26 Spanyol Madrid
3 Ceko Praha Eropa Utara
4 Hungaria Budapest 27 Denmark Kopenhagen
5 Moldova Chisinau 28 Estonia Tallinn
6 Polandia Warsaw 29 Finlandia Helsinki
7 Rumania Bucharest 30 Islandia Reykjavik
8 Slowakia Bratislava 31 Irlandia Dublin
9 Ukraina Kiev 32 Latvia Riga
10 Georgia Tbilisi 33 Lithuania Vilnius
Eropa Selatan 34 Norwegia Oslo
11 Albania Tirana 35 Swedia Stockholm
12 Andorra Andorra La Vella 36 Britania Raya London
13 Bosnia Sarajevo Eropa Barat
14 Kroasia Zagreb 37 Austria Wina
15 Siprus Nicosia 38 Belgia Brussel
16 Yunani Athena 39 Perancis Paris
17 Vatican Vatican City 40 Jerman Berlin
18 Italia Roma 41 Liechtenstein Vaduz
19 Makedonia Skopje 42 Luksemburg Luksemburg
20 Malta Valletta 43 Monako Monako
21 Montenegro Podgorica 44 Belanda Amsterdam
22 Portugal Lisbon 45 Swiss Bern
23 San Marino San Marino

Pada umumnya negara-negara di Eropa telah maju. Sebagian besar Negara di Eropa adalah negara besar. Contohnya, Inggris dan Jerman. Negara Inggris beribu kota di London dengan batas sebelah utara adalah Laut Norwegia; sebelah timur adalah Laut Utara; sebelah selatan adalah Selat Dover dan Selat Inggris; serta sebelah barat adalah Samudra Atlantik, Laut Irish, dan Selat Saint George. 

Inggris Raya terdiri atas England, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara. Sebagian besar wilayahnya berupa pegunungan dan dataran tinggi sehingga berelief kasar. Pegunungan terdapat di England dan Wales. Wilayah Inggris beriklim sedang dan mengalami empat musim, yaitu musim panas, gugur, dingin, dan semi. Inggris memiliki beberapa kota-kota yang dianggap penting, diantaranya adalah Birmingham yang menjadi kota pusat industri berat seperti mesin mobil dan pesawat terbang; Leeds yang menjadi pusat industri pemintalan wol dan tekstil; sera Cambridge dan Oxford yang menjadi kota pendidikan karena memiliki universitas terkenal. Penduduk Inggris berasal dari bangsa Kelt dan Jerman. Inggris adalah negara industri yang maju. Kegiatan ekonomi penduduk umumnya di bidang pertanian, pertambangan, industri, dan perdagangan.

Sementara itu Negara Jerman, awalnya dulu terpecah menjadi 2 bagian yaitu Jerman Barat dan Jermat Timur. Namun pada tanggal 3 Oktober 1990 Jerman Barat dan Timur menyatu kembali menjadi Republik Jerman dengan Kota Berlin sebagai Ibukotanya. Sebelah utara Jerman berbatasan dengan Laut Utara, Denmark, dan Laut Baltik. Di sebelah timur berbatasan dengan Polandia, Ceko, dan Slovakia, sedangkan di sebelah selatan berbatasan dengan Austria dan Swiss. Serta di sebelah barat berbatasan dengan Belanda, Belgia, Prancis. 

Wilayah Jerman dapat dibagi menjadi tiga bentang alam yaitu dataran rendah di bagian utara; bagian tengah merupakan dataran tinggi yang terdiri atas plato, pegunungan, bukit, dan lembah; dan bagian selatan berupa Pegunungan Alpen Bavaria yang merupakan bagian dari Sirkum Mediteran. Wilayah Jerman beriklim sedang, peralihan laut dan darat, serta mengalami musim panas, gugur, dingin, dan semi. 

Beberapa kota penting di Jerman ialah Hamburg yang menjadi kota terbesar di Jerman dan merupakan kota pelabuhan serta Frankfurt yang menjadi kota pusat industri, keuangan, dan perbankan. Penduduk Jerman berasal dari bangsa Jerman, Turki, Italia, Greek, dan Poles serta penduduk asli (suku Tetonia, Kelt, dan Sl kota penting avia). Jerman menjadi negara industri terkenal sejak abad XVIII. Jerman menghasilkan mesin-mesin pabrik dan mobil. Kegiatan ekonomi penduduk umumnya di bidang industri, pertanian, pertambangan, dan perdagangan.

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post