Negara Arab Saudi

 
Negara Arab Saudi

{getToc} $title={Daftar Isi}


Arab Saudi

1. Bentuk Pemerintahan

Negara Arab Saudi merupakan negara yang menggunakan sistem Kerajaan atau Monarki. Hukum yang digunakan negara Arab Saudi merupakan hukum syariat Islam. Basic Law of Goverment merupakan sistem pemerintahan yang ditetapkan pada tahun 1992.

Basic Law of Goverment ini mengatur sistem pemerintahan. Kemudian, mengatur hak dan kewajiban pemerintah serta warga negara. Raja merangkap sebagai Perdana Menteri. Selain itu, raja juga merangkap sebagai Panglima Tinggi Angkatan Bersenjata Arab Saudi.

Kekuasaan kerajaan di negara Arab Saudi ini diwariskan pada anak dan cucu dari pendiri Arab Saudi. Sedangkan, anak cucu yang paling mampu dari pendiri Arab Saudi yaitu Abdul Aziz bin Abdul Rahman Al-Saud.

2. Letak dan Luas

Negara Arab Saudi ini berada di Semenanjung Arab di antara Laut Merah di sebelah Barat, tepatnya 1760 km dan Teluk Arab di sebelah timur, tepatnya 560 km. Luas negara Arab Saudi berkisar 2,15 juta km². Adapun batas – batas negara Arab Saudi, yaitu sebagai berikut:

  • Sebelah Barat Laut berbatasan dengan negara Yordania.
  • Sebelah utara berbatasan dengan negara Irak dan Kuwait.
  • Sebelah timur berbatasan dengan Bahrain, Qatar, Uni Emirat Arab, dan Oman.
  • Sebelah selatan negara berbatasan dengan negara Yaman.

3. Iklim

Arab Saudi mengalami dua macam iklim, yaitu iklim tropis (dialami di daerah bagian selatan) dan iklim subtropis (dialami daerah bagian utara). Perbedaan suhu harian pada waktu siang dan malam hari sangat besar. Suhu pada siang hari sangat panas diaman bisa mencapai 49ºC, sedangkan suhu pada malam hari sangat dingin dimana bisa mencapai 2ºC.

Curah hujan di Arab Saudi cukup rendah dan bervariasi. Sekitar 90% wilayah Arab Saudi mendapat hujan rata-rata hanya 100 mm setahun. Bahkan, beberapa bagian di gurun Rub Al-Khali tidak pernah terjadi hujan. 

4. Kondisi Alam

Permukaan terendah di sini ialah di Teluk Persia pada 0 m dan Jabal Sauda’ pada 3.133 m. Arab Saudi terkenal sebagai sebuah negara yang datar dan mempunyai banyak kawasan gurun. Gurun yang terkenal ialah di sebelah selatan Arab Saudi yang dijuluki “Daerah Kosong” (dalam bahasa Arab, Rub al Khali), kawasan gurun terluas di dunia. 

Namun di bagian barat dayanya, terdapat kawasan pegunungan yang berumput dan hijau. Hampir tidak ada sungai atau danau permanen di negeri ini, tetapi terdapat sangat banyak wadi. Beberapa daerah subur dapat ditemukan dalam endapan aluvial di wadi, basin dan oasis. Kekayaan yang sangat besar yang didapat dari minyak, sangat membantu permainan dan pembentukan kekuatan peran dari keluarga Kerajaan Saudi baik di dalam maupun luar negeri.

5. Flora dan Fauna

Sebagian besar wilayah Arab Saudi berupa tanah kering dan padang pasir yarilz kekurangan air. Sehingga sangat terbatas untuk dapat didiami oleh flora dan fauna. Flora dan Fauna yang dapat kita jumpai yakni unta, kambing gurun (ibex), kucing caracal, leopard, dan tumbuhan kaktus dan kurma

6. Penduduk

Keluarga suku Quraisy yang dikenal sebagai bangsawan dan pemimpin bangsa Arab, turunan pendiri dan pemelihara bangunan suci Ka’bah, Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail, di mana Nabi Muhammad adalah salah satu dari Bani Hasyim Qurays, di wilayah Hijaz, sekarang merupakan salah satu suku penduduk di Arab Saudi. Penduduk Arab Saudi adalah mayoritas berasal dari kalangan bangsa Arab sekalipun juga terdapat keturunan dari bangsa-bangsa lain serta mayoritas beragama Islam.

7. Perekonomian

Wilayah ini dahulu merupakan wilayah perdagangan terutama di kawasan Hijaz antara Yaman-Mekkah-Madinah-Damaskus dan Palestina. Pertanian dikenal saat itu dengan perkebunan kurma dan gandum serta peternakan yang menghasilkan daging serta susu dan olahannya. Pada saat sekarang digalakkan sistem pertanian terpadu untuk meningkatkan hasil-hasil pertanian.

Perindustrian umumnya bertumpu pada sektor Minyak bumi dan Petrokimia terutama setelah ditemukannya sumber sumber minyak pada tanggal 3 Maret 1938. Selain itu juga untuk mengatasi kesulitan sumber air selain bertumpu pada sumber air alam (oase) juga didirikan industri desalinasi Air Laut di kota Jubail. Sejalan dengan tumbuhnya perekonomian maka kota-kota menjadi tumbuh dan berkembang. Arab Saudi memiliki ladang minyak-yang melatar belakangi ekonomi dengan pengawasan yang ketat dari pihak pemerintah dari segala aktivitas perekonomian. Arab Saudi setidaknya memproses 18% kebutuhan petroleum dunia, mendapat gelar sebagai eksportir petroleum terbesar di dunia, dan memainkan peranan sebagai ketua OPEC untuk beberapa tahun. Sektor petroleum juga merupakan penyumbang untuk pendapatan negara Saudi yang terbesar.

Kota-kota yang terkenal di wilayah ini selain kota suci Mekkah dan Madinah adalah Kota Riyadh sebagai ibu kota kerajaan, Dammam, Dhahran, Khafji, Jubail, Tabuk dan Jeddah.

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post