Negara Tiongkok

 
Negara Tiongkok

{getToc} $title={Daftar Isi}


Tiongkok / Republik Rakyat China

Tiongkok merupakan salah satu negara yang berada di Benua Asia. Coba ambillah peta dunia, lalu amatilah letak negara Tiongkok. Tiongkok memiliki nama internasional People’s Republic of China. Dan memiliki julukan Negeri Tirai Bambu.

1. Bentuk Pemerintahan

Bentuk pemerintahan Tiongkok adalah Republik Komunis. Kepala negara Tiongkok adalah presiden. Serta kepala pemerintahannya adalah perdana Menteri. Hari kemerdekaan dirayakan pada 1 Oktober 1949. Ibu kota Tiongkok adalah Beijing (Peking = sebelumnya).

2. Letak dan Luas

Negara Tiongkok ini terletak di wilayah Asia Timur. Secara geografi s, negara Tiongkok terletak antara 18º Lintang Utara (LU) sampai 54º Lintang Utara (LU) dan 73º Bujur Timur (BT) sampai 135º Bujur Timur (BT). Negara Tiongkok ini terletak di bagian Timur benua Asia yang menghadap ke Samudra Pasifik. Luas negara Tiongkok ini sekitar 9.592.961 km². Negara Tiongkok ini merupakan daratan yang memiliki batas-batas wilayah sebagai berikut:

  • Sebelah utara berbatasan dengan Mongolia dan Rusia.
  • Sebelah timur berbatasan dengan Laut Tiongkok Timur, Laut Timur, Korea Utara dan Laut Kuning.
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Nepal, Bhutan, India, Myanmar, Laos, dan Vietnam.
  • Sebelah barat berbatasan dengan Pakistan, Kazakstan, Tadzikistan, dan Afganistan.

3. Iklim

Iklim yang berhembus di negara Tiongkok sangat bervariasi. Iklim di wilayah Tiongkok Utara ini terpengaruh oleh iklim arktik yang dingin dan mengalami musim dingin. Kemudian, Tiongkok bagian tengah dan selatan memiliki iklim sub tropis.

Tiongkok di bagian timur di mana terdapat Gurun Gobi memiliki iklim kering. Sedangkan, suhu udara rata-rata di negara Tiongkok bagian tengah dan selatan adalah 40 ºC sampai 160 ºC sementara di wilayah Tiongkok bagian utara adalah -50 ºC sampai 260 ºC.

4. Kondisi Alam

Secara garis besar, bentang alam negara Tiongkok ini terbagi menjadi dua bagian yang sangat kontras, yaitu Tiongkok utara yang relatif datar dan tanahnya berdebu serta Tiongkok Selatan yang relatif kasar dan banyak dijumpai pegunungan.

Sungai yang terdapat di wilayah Tiongkok Selatan yaitu sungai Salween, sungai Mekong, sungai Yangtze, dan sungai Yalung. Danau yang banyak dijumpai di negara Tiongkok timur, antara lain Danau Poyang dengan luas 2800 km² dan Danau Dongting dengan luas 4800 km².

Secara umum, kondisi alam di negara Tiongkok ini dapat dibedakan menjadi empat wilayah utama, yaitu sebagai berikut:

  • Stepa Plato Mongolia
  • Basin-basin atau cekungan Gurun Sinkiang.
  • Lembah-lembah sungai besar dan tanah tinggi Tiongkok sebelah Timur atau Dataran Tinggi Manchuria.
  • Plato dan pegunungan tinggi Tibet.

5. Flora dan Fauna

Di Tiongkok, hampir semua spesies tanaman yang ada di bagian utara planet ini hidup, dari vegetasi tropis, melalui zona beriklim hingga yang dingin. Dalam hal fauna, 10% dari kehidupan hewan di dunia terkonsentrasi di Tiongkok. 

  • Perwakilan Bunga dari Tiongkok

  1. Bunga peony, bunga ini dianggap sebagai bunga nasional. Terletak di bagian barat negara itu. Bunganya berwarna mencolok dan akarnya digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok.
  2. Bunga Teratai, bunga ini mewakili dalam tradisi Tiongkok kemurnian, kehormatan, dan umur panjang. Tumbuh di daerah rawa-rawa negara ini dan sering digunakan dalam penyembuhan ayurvedic.
  3. The Safflower, meskipun tanaman ini juga ditemukan di India, di Tiongkok ia dibudidayakan untuk keperluan kuliner dan pengobatan. Di Amerika Latin dikenal sebagai kunyit.
  4. Berry Goji, juga dikenal sebagai Chinese Wolfberry, itu adalah tanaman yang buahnya telah digunakan sejak zaman kuno dalam pengobatan Tiongkok tradisional. Dalam banyak kasus itu dianggap sebagai dasar umur panjang.

  • Perwakilan Fauna dari Tiongkok

  1. Monyet rambut emas. Hewan yang unik dan aneh ini tingginya antara 60 dan 70 cm. Hidung pesek dan bulunya yang indah membuatnya menjadi primata yang sangat aneh dan unik.
  2. Burung bertelinga coklat. Itu terletak di bagian utara Tiongkok. Ia memiliki “berkas” halus dari dasar paruhnya yang memanjang di sekitar wajahnya, yang membuatnya mirip dengan lingkaran hitam.
  3. Lumba-lumba bendera putih. Ini adalah satu-satunya lumba-lumba air sungai di Tiongkok, juga disebut Baiji. Itu adalah lumba-lumba dengan hidung panjang dan kelengkungan kecil di ujungnya. Habitat tradisionalnya adalah Sungai Yangtze.
  4. Harimau Tiongkok. Itu terletak di selatan negara itu dan merupakan spesies yang jauh lebih kecil daripada yang dikenal di bagian lain dunia.

6. Penduduk

Pada pertengahan tahun 2006, jumlah penduduk di negara Tiongkok adalah 1.311.400.000 jiwa. Angka kelahiran di negara Tiongkok 12, sedangkan angka kematian negara Tiongkok 7, dan pertumbuhan penduduk rata-rata setiap tahun mencapai 0,6 %. Kepadatan penduduk negara Tiongkok yaitu 136 jiwa/ km².Suku bangsa di negara Tiongkok terdiri dari suku Tiongkok han yang jumlahnya mencapai 94 % dan sisanya merupakan suku Mongol, Korea, Turki, serta Manchu. Agama yang dianut oleh sebagai besar penduduk negara Tiongkok yaitu agama Kong Hu Cu, Budha, dan Tao. Konghucu bukan suatu agama, melainkan suatu filsafat moral dan sosial. Di Provinsi Xiang yang beribukota di Urumchi, terdapat suku Uighur yang menganut agama Islam.

7. Perekonomian

Negara Tiongkok pada saat ini mulai tumbuh dan menjadi salah satu kekuatan ekonomi di Asia. Pendapatan per kapita negara Tiongkok pada tahun 2006 adalah US $6.600. Negara Tiongkok mengembangkan kegiatan perekonomian pada sektor-sektor di bawah ini.

Pertanian. Hasil pertanian utama dari penduduk Tiongkok yaitu beras, gandum, kapas, dan ubi. Di negara Tiongkok ini terdapat dua wilayah pertanian, yaitu terletak di Tiongkok Utara dan Tiongkok Selatan. Tiongkok Utara merupakan wilayah di mana pertanian gandum ditanam pada saat musim semi di sepanjang Mongolis masuk ke wilayah Manchuria.

Pertambangan. Negara Tiongkok ini kaya akan barang tambang. Barang tambang tersebut, antara lain batu bara, bijih besi, mangan, timah, merkuri atau raksa, timah hitam, seng, batu bara, dan minyak bumi.

Industri. Hasil industri yang dimiliki oleh negara Tiongkok ini, antara lain tekstil, semes, pupuk, alat – alat pertanian, lokomotif, kapal, traktor, dan truk. Kawasan industri di negara Tiongkok ini terpusat di wilayah pantai, terdiri dari Kota Shanghai, Beijing, Tianjin, dan Kota Shen Yang.

Perdagangan. Barang – barang yang diimpor oleh negara Tiongkok ini, antara lain mesin, logam, kapas, biji-bijian. Barang ekspor utamanya, antara lain tekstil, kendaraan bermotor, teh, buah-buahan, sayuran, dan minyak bumi.

Beberapa kota penting di Tiongkok adalah: Beijing, Kanton, Shanghai, Wuhan, dan Shenyang. Hubungan dagang antara Indonesia-Tiongkok sudah terjadi sejak lama. Ekspor Indonesia ke Tiongkok berupa teh, kopi, timah, tembaga, dan kayu lapis. Adapun impor Indonesia dari Tiongkok meliputi: alat-alat pertanian, barang-barang elektronik, mesin-mesin, sepeda, mobil, dan sepeda motor.

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post