Pengaruh Ketergantungan Antar Ruang Terhadap Ekonomi

 
Pengaruh Ketergantungan Antar Ruang Terhadap Ekonomi

Pengaruh Ketergantungan Antar Ruang Terhadap Ekonomi

Konsep ketergantungan antar ruang pasti akan berpengaruh dalam bidang ekonomi. Hampir seluruh aspek perekonomian akan terpengaruh oleh konsep ketergantungan antar ruang. Diantaranya kegiatan perekonomian, harga, pasar, dan perdagangan internasional.

Di dalam kegiatan ekonomi tentunya konsep ketergantungan ini pasti mempengaruhinya. Misalnya produksi, kegiatan produksi tentunya membutuhkan faktor-faktor produksi yang tidak semuanya tersedia dari wilayah produksi tersebut. Untuk dapat melanjutkan kegiatan produksi, tentunya faktor-faktor yang masih belum tersedia tersebut akan mengambil atau memanfaatkan faktor produksi yang berasal dari daerah lain. Tidak hanya produksi, kegiatan konsumsi pun akan berlaku hal yang sama. Sudah jelas terlihat bahwa persebaran barang atau jasa yang ada di pasar masih belum merata. Tentunya konsumen akan mencari barang atau jasa tersebut ke daerah atau wilayah lain apabila barang atau jasa tersebut masih belum tersedia di daerah atau wilayahnya.

Berikutnya adalah harga dan pasar. Harga dan pasar adalah sesuatu yang cukup vital dalam perekonomian. Dengan adanya konsep ketergantungan antar ruang, maka proses pembentukan harga dan konsep pasar dalam perekonomian akan terpengaruh. Proses pembentukan harga misalnya, dalam proses pembentukan harga ini tentunya akan ada faktor-faktor tertentu yang mempengaruhinya. Seperti, biaya produksi, biaya distribusi, harapan produsen untuk memperoleh keuntungan, hingga adanya pesaing. Selain harga, pasar juga akan terpengaruh dengan adanya konsep ketergantungan antar ruang. Seperti yang kita lihat dan rasakan saat ini. 

Perubahan dalam pasar mulai terasa dengan adanya konsep ketergantungan antar ruang. Misalnya masuknya barang-barang impor di dalam negeri serta adanya retail-retail (toko eceran) baru yang berasal dari luar negeri.

Berbicara konsep ketergantungan antarruang yang mempengaruhi bidang ekonomi tidak boleh melupakan tentang perdagangan internasional. Tentunya anda masih ingat apa itu perdagangan internasional? Perdagangan Internasional adalah kegiatan jual-beli barang yang melibatkan dua negara atau lebih. Dari pengertian perdagangan internasional tersebut sudah terlihat bahwa konsep ketergantungan antar ruang akan mempengaruhi bidang ekonomi.

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post