Potensi Sumber Lokasi Indonesia

 
Potensi Sumber Lokasi Indonesia

{getToc} $title={Daftar Isi}

Indonesia dikenal sebagai negara dengan lokasinya yang strategis. Posisinya berada di antara dua benua dan dua samudra sehingga dilalui jalur pelayaran internasional. Karena lokasinya juga, Indonesia merupakan negara tropis, dengan suhu dan curah hujan yang tinggi. Ini memungkinkan Indonesia memiliki beragam tumbuhan dan hewan sebagai sumber pangan dan obat-obatan. Kekayaan Indonesia berupa bahan tambang juga terkait dengan lokasinya yang secara geologis terletak pada pertemuan lempeng Eurasia, Pasifik dan Hindia.

Indonesia memiliki jumlah penduduk yang besar. Jika diurutkan, posisi Indonesia berada pada urutan keempat terbesar di dunia dalam hal jumlah penduduk. Jumlah penduduk yang besar menguntungkan Indonesia karena tersedia tenaga kerja untuk mengolah dan mengelola sumber daya alam.

Selain kaya akan sumber daya alam, Indonesia juga kaya akan budaya. Beraneka ragam budaya dapat dijumpai di negara ini. Kekayaan budaya tersebut menjadi daya tarik wisatawan dari berbagai negara sehingga Indonesia menjadi daerah tujuan wisata.

Semua potensi dan kekayaan tersebut merupakan anugerah Tuhan kepada bangsa Indonesia. Kita patut bersyukur atas semua anugerah tersebut. Di samping itu, kita juga berupaya lebih keras lagi untuk mengelola sumber daya alam yang berlimpah tersebut agar dapat bersaing dengan negara lain. Melalui pengembangan ekonomi kreatif, diharapkan pengelolaan sumber daya dapat lebih efisien, efektif dan lebih memberikan kontribusi kepada masyarakat luas.

Potensi Sumber Lokasi

1. Potensi sumber lokasi secara geografis.

Letak geografis Indonesia sangat strategis yaitu terletak di antara 2 Samudra dan 2 Benua. Jadi Indonesia jika dilihat secara geografisnya, Indonesia terletak di antara Samudra Pasifik dan Hindia sedangkan Indonesia juga diapit oleh dua benua yaitu Benua Asia dan Australia. Sebenarnya posisi Indonesia ini sangat strategis dan berkaitan dengan perekonomian. Tapi mengapa Indonesia masih menjadi negara berkembang? Mengapa masih banyak orang yang berpenghasilan rendah? Padahal kita memiliki sumber daya alam yang melimpah. Namun banyaknya sumber daya alam yang melimpah tersebut, Sebagian besar belum diolah dengan baik sehingga pemanfaatannya belum maksimal. Kita kembali lagi ke letak geografis, bahwa Indonesia juga terletak pada persimpangan lalu lintas dunia. Sebenarnya hal itu yang menentukan masa depan dari suatu negara dalam melakukan hubungan internasional.

2. Potensi sumber lokasi secara astronomis.

Letak astronomis Indonesia terletak di 6° LU (Lintang Utara) - 11° LS (Lintang Selatan). Dan juga di antara 95° BT (Bujur Timur) - 141° BT (Bujur Timur). Dilihat dari letak astronomisnya Indonesia terletak di kawasan iklim tropis. Nah, karena Indonesia memiliki iklim tropis maka Indonesia hanya memiliki 2 musim yaitu musim kemarau dan hujan. Hampir setiap tahunnya Indonesia selalu di sinari matahari yang berpengaruh pada alam. Karena biasanya negara yang memiliki iklim tropis di anugerahi keadaan alam yang luar biasa. Yaitu seperti yang bisa kita lihat bahwa tanah di Indonesia sangat subur dan mudah ditanami apa saja. Curah hujan yang tinggi membuat tanah menjadi sangat subur. Sementara itu juga banyak flora dan fauna yang beragam karena banyak tumbuhan atau hewan yang cocok dengan tanah dan suhu iklim tropis. Sedangkan salah satu pengaruh dari letak garis bujur yaitu Indonesia memiliki 3 bagian waktu. Yang sering kita dengar sebagai WIT (Waktu Indonesia Timur), WITA (Waktu Indonesia Tengah), dan WIB (Waktu Indonesia Barat).

3. Potensi sumber lokasi secara geologis.

Letak geologis adalah letak suatu wilayah mengenai keadaan geologinya. Jika dilihat dari negara kita, Indonesia ini dapat dikategorikan menjadi 3 kepulauan daerah yaitu daerah dangkalan sunda (Sunda Shelf), sahul (Sahul Shelf) dan daerah antara dangkalan sunda dan dangkalan sahul. Kepulauan Indonesia terletak di antara 2 rangkaian pegunungan muda. Akibatnya Indonesia memiliki banyak gunung api yang masih aktif yang tersebar hampir di seluruh kepulauan Indonesia. Karena Indonesia juga terletak di persimpangan lempeng besar dunia, sehingga membuat Indonesia rentan akan terjadi gempa tektonik dan tsunami yang berpotensi di beberapa wilayah Indonesia.

Upaya Indonesia untuk mengambil manfaat potensi lokasi:

a. Meningkatkan konektivitas nasional dengan menghubungkan berbagai wilayah di Indonesia, sehingga dapat mengelola dan mendistribusikan hasil sumber daya alam tanpa hambatan transportasi dan komunikasi.

b. Memanfaatkan potensi sumber daya alam dengan mengembangkan dan menggunakan teknologi, sehingga memiliki nilai tambah bagi Indonesia.

c. Meningkatkan kemampuan IPTEK untuk mengolah SDA dan menghasilkan berbagai produk industri yang dapat diterima pasar Internasional.

d. Menyiapkan infrastruktur perhubungan seperti pelabuhan dan bandara, serta kebijakan untuk kelancaran pemasaran.

e. Menjalin kerja sama dengan negara-negara di ASEAN untuk mengelola lalu lintas pelayaran, sehingga memberi keuntungan dalam pengembangan dan pembangunan kawasan.

f. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam mengelola sarana dan prasarana perhubungan, sehingga memenuhi standar pelayanan.

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post