Rangkuman Geografis Indonesia

 
Rangkuman Geografis Indonesia

Rangkuman Geografis Indonesia

1. Secara letak geografis, Indonesia adalah negara yang sangat strategis karena terletak di persimpangan antara 2 samudera yakni Samudera Pasifik dan Samudera Hindia serta 2 benua yakni Benua Asia dan Benua Australia.

2. Indonesia juga dilalui oleh 2 jalur pegunungan aktif dunia yakni rangkaian sirkum pasifik dan rangkaian sirkum mediterania yang mengakibatkan banyaknya gunung berapi di Indonesia.

3. Karena Indonesia terletak di garis khatulistiwa 0º, sehingga mengakibatkan Indonesia memiliki iklim tropis dan memiliki 2 musim yakni musim penghujan dan musim kemarau. Hal itu pula yang menyebabkan Indonesia akan selalu disinari matahari sepanjang tahun yang menyebabkan banyaknya flora dan fauna yang menempati wilayah Indonesia.

4. Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah. Tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Hutan-hutan tropis, minyak bumi, gas alam, batu bara, bahan galian lainnya serta kekayaan laut yang dimiliki Indonesia sangat melimpah.

5. Sumber daya manusia Indonesia juga berjumlah sangat besar, namun belum diimbangi kualitas sumber daya manusia yang dapat bersaing dengan negara-negara lain.

6. Indonesia kaya akan adat istiadat dan budaya. Beragam suku, Bahasa, pakaian adat, rumah adat, dan kesenian daerah sangat beragam dan banyak jumlahnya.

7. Dari banyaknya kekayaan Indonesia baik kekayaan fisik dan kekayaan non fisik harus diimbangi dengan pengelolaan dan pemanfaatan dengan optimal agar keuntungan yang diraih dapat dirasakan oleh seluruh bangsa Indonesia serta anak cucu kita kelak. Maka dari itu pembangunan industri kreatif sangat efektif untuk mengelola dan memanfaatkan hal tersebut. Selain menambah devisa negara juga akan mempromosikan Indonesia ke kancah dunia.

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post