Rangkuman Ketergantungan Antar Ruang

 
Rangkuman Ketergantungan Antar Ruang


Rangkuman Ketergantungan Antar Ruang

1. Ketergantungan antarruang dalam konsep ekonomi tentunya akan mempengaruhi kegiatan ekonomi seperti produksi, distribusi, dan konsumsi. Selain kegiatan ekonomi, ketergantungan antarruang dalam konsep ekonomi juga mempengaruhi kondisi pasar dan proses terbentuknya harga.

2. Dalam kegiatan ekonomi, ketergantungan antarruang akan mempengaruhi beberapa hal seperti pertukaran faktor produksi, penyerahan hasil produksi, serta proses penyerahan faktor produksi maupun hasil produksi.

3. Kegiatan yang ada di pasar juga terpengaruh dengan adanya konsep ketergantungan antarruang. Pengaruh tersebut dapat terlihat beragamnya barang atau jasa yang ada di pasar, persebaran tenaga kerja yang ada, hingga semakin beragamnya sumber permodalan di dalam pasar.

4. Konsep ketergantungan antarruang juga mempengaruhi harga. Harga adalah nilai yang harus dibayarkan oleh seseorang untuk mendapatkan barang atau jasa. Pengaruh ketergantungan antarruang dalam harga terlihat dari proses pembentukan harga yang dilatarbelakangi oleh beberapa faktor.

5. Dengan adanya konsep ketergantungan antarruang, maka wujud nyatanya adalah dilaksanakannya kerja sama ekonomi internasional.

6. Kerja sama ekonomi internasional adalah hubungan kerja sama dua negara atau lebih dalam bidang ekonomi.

7. Peran Indonesia dalam kerja sama ekonomi internasional cukup banyak. Diantaranya Indonesia pernah berperan sebagai pendiri maupun sebagai anggota dari organisasi kerja sama ekonomi internasional.

8. Dengan adanya kerja sama ekonomi internasional maka masing-masing negara akan memperoleh dampaknya. Akan tetapi dampak yang timbul tersebut bisa berupa dampak positif maupun dampak negatif.

9. Konsep ketergantungan antarruang juga membawa pengaruh pada berbagai bidang yang ada.

10. Dalam bidang migrasi penduduk, banyak faktor yang melatarbelakangi seseorang bermigrasi.

11. Dalam bidang transportasi, ketergantungan antarruang menyebabkan semakin banyaknya moda transportasi yang tersedia.

12. Ketergantungan antarruang juga mempengaruhi lembaga sosial yang ada. Lembaga sosial saat ini harus menyesuaikan kebijakannya sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.

13. Ketergantungan antarruang tentunya juga berpengaruh dalam bidang ekonomi. Selain kegiatan ekonomi, masih banyak hal-hal dalam perekonomian yang dipengaruhi oleh konsep ketergantungan antarruang.

14. Dalam bidang pekerjaan, konsep ketergantungan antarruang juga membawa pengaruh. Pengaruh tersebut bisa berupa beragamnya lapangan pekerjaan yang tersedia maupun adanya persebaran tenaga kerja dari berbagai wilayah.

15. Dalam bidang pendidikan konsep ketergantungan antarruang juga membawa pengaruh. Misalnya adalah perpindahan penduduk usia sekolah yang sedang menempuh pendidikan di daerah lain.

16. Ketergantungan antarruang tentunya akan mempengaruhi hidup seseorang karena setiap orang ingin memperoleh kesejahteraan dalam hidupnya.

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post