Rangkuman Dampak Rotasi dan Revolusi Bumi

 
Rangkuman Dampak Rotasi dan Revolusi Bumi

Rangkuman Dampak Rotasi dan Revolusi Bumi

1. Gerak rotasi bumi merupakan pergerakan bumi mengitari porosnya sendiri. Gerak ini dengan arah negatif atau timur, yaitu dari barat ke timur.

2. Peristiwa yang diakibatkan oleh gerak rotasi Bumi ini yaitu: (1) Peredaran semu harian benda langit, (2) Pergantian siang dan malam, (3) Perbedaan waktu, (4) Perbedaan percepatan gravitasi di permukaan Bumi, (5) Pembelokan arah angin .

3. Peristiwa yang diakibatkan oleh gerak revolusi Bumi ini yaitu: (1)Terjadinya gerak semu matahari, (2) Terjadinya perbedaan waktu siang dan malam, (3) Terjadinya perubahan musim di Bumi, (4) Adanya rasi bintang yang tampak berbeda di setiap bulannya, (5) Penetapan kalender masehi.

4. Gerhana matahari adalah kejadian di mana matahari tertutup oleh bulan karena pada saat itu posisi matahari, bulan, dan bumi berada pada satu garis lurus. 

5. Gerhana bulan merupakan satu peristiwa yang terjadi dimana kedudukan matahari, bumi, dan bulan berada pada satu garis lurus, sehingga bayangan bumi menutupi sebagian ataupun keseluruhan bulan.

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post