Zat Psikotropika

 
Zat Psikotropika


{getToc} $title={Daftar Isi}

Zat Psikotropika

Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku.

Psikotropika dibagi dalam 4 golongan sebagai berikut.

1. Psikotropika Golongan I

Psikotropika Golongan I adalah kelompok psikotropika yang mempunyai daya menimbulkan ketergantungan tertinggi, hanya digunakan untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan tidak untuk pengobatan. Contoh: MDMA (Ecstacy) dan LSD (Lysergic Diethylamide).

2. Psikotropika Golongan II

Psikotropika Golongan II adalah kelompok psikotropika yang mempunyai daya menimbulkan ketergantungan menengah, digunakan untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan pengobatan. Contoh: Amineptina, Metilfenidat.

3. Psikotropika Golongan III

Psikotropika Golongan III adalah jenis psikotropika yang mempunyai daya menimbulkan ketergantungan sedang, mempunyai khasiat, digunakan untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan pengobatan. Contoh: Amobarbital dan Pentobarbital.

4. Psikotropika Golongan IV

Psikotropika Golongan IV adalah jenis psikotropika yang mempunyai daya menimbulkan ketergantungan rendah, berkhasiat dan digunakan luas untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan pengobatan. Contoh: Barbital dan Aminoreks. Penggunaan zat psikotropika hanya melalui resep dokter untuk pengobatan, berhati-hatilah penggunaan zat ini yang tidak berdasarkan resep dokter, karena berpengaruh pada susunan saraf kita.

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post