Memproduksi Teks Eksplanasi

 
Memproduksi Teks Eksplanasi


Memproduksi Teks Eksplanasi

Pada pelajaran yang lalu Anda telah mempelajari materi pelajaran tentang menyusun teks eksplanasi, dan menganalisis struktur dan ciri kebahasaan teks eksplanasi. Materi pelajaran ini Anda akan diajak memproduksi teks eksplanasi. Yang dimaksud dengan memproduksi di sini sebenarnya tidak berbeda dengan menyusun. Dengan demikian, cara memproduksi teks eksplanasi sama dengan cara menyusun teks eksplanasi. Hanya pada pembelajaran memproduksi teks eksplanasi harus memerhatikan struktur dan ciri kebahasaannya. Di samping itu, juga harus memerhatikan bahasa dan ejaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Sebelum Anda berlatih memproduksi teks eksplanasi, ada baiknya kita mengerti dulu apa yang dimaksudkan dengan kata memproduksi. Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dijelaskan bahwa kata memproduksi berarti menghasilkan. Maksud kata memproduksi teks eksplanasi di dalam kegiatan belajar ini adalah menyusun tulisan dari kerangka menjadi bentuk teks eksplanasi. Dalam rangka menyusun tulisan dari kerangka menjadi bentuk teks eksplanasi diperlukan serangkaian langkah, seperti yang telah kita bahas pada pelajaran terdahulu. Untuk mengingatkan Anda kembali, coba baca lagi uraian berikut dengan cermat.

Langkah pertama adalah menentukan topik. Pilihlah topik yang menarik dan bermakna. Artinya, topik yang akan kita pilih harus menarik untuk dibaca dan bermanfaat untuk para pembaca. Selain itu, materinya harus dikuasai, mudah dicarikan data pendukungnya, dan mudah dikembangkan. Misalnya, Dampak Lumpur Lampindo Sidoarjo.

Langkah kedua adalah menyusun kerangka teks. Menyusun kerangka teks sesuai dengan struktur teks eksplanasi, yakni pernyataan umum dan peristiwa hubungan sebab-akibat. Misalnya, Dampak Lumpur Lampindo Sidoarjo. Apa yang harus diungkapkan sebagai pernyataan umum dan bagaimana hubungan peristiwa sebab-akibat.

Langkah ketiga adalah mengembangkan kerangka menjadi teks eksplanasi. Bagaimana dengan aktivitas mengembangkan teks eksplanasi tentang Lumpur Lapindo Sidoarjo tersebut? Masih ingat bukan cara merancang atau membuat kerangka teks eksplanasi? Agar Anda ingat kembali tentang menyusun kerangka dan menegmbangkan kerangkan menjadi teks eksplanasi, sekarang coba Anda pelajari kembali cara menyusun teks eksplanasi pada pelajaran terdahulu.

Mempresentasikan Teks Eksplanasi 

Setelah Anda memproduksi teks eksplanasi, coba presentasikan hasil pekerjaan tersebut secara bergantian di depan kelas untuk ditanggapi teman-teman.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam presentasi adalah sebagai berikut!

1. Siapkan alat peraga seperti laptop dan LCD!

2. Siapkan teks eksplanasi yang telah dibuat dalam bentuk powerpoint!

3. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar ketika presentasi

4. Bagi pendengar, tanggapi teks eksplanasi tersebut untuk bahan perbaikan.

Merevisi Rancangan Teks eksplanasi

 Setelah Anda mempresentasikan teks eksplanasi yang telah dibuat, tentu sekarang sudah mendapat masukan dari teman-teman untuk perbaikan teks eksplanasi tersebut. Sekarang coba Anda perbaiki teks eksplanasi tersebut dengan memerhatikan masukan dari teman-teman, ejaan, dan tanda baca yang digunakan dalam rancangan tersebut.

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post