Menganalisis Teks Prosedur

 

Menganalisis Teks Prosedur

Menganalisis Teks Prosedur

Membaca Teks Prosedur

Pada pembelajaran sebelumnya Anda telah mengidentifikasi isi pokok informasi dalam teks prosedur dan mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur. Pada pembelajaran ini Anda akan diajak menganalisis isi pokok dalam teks prosedur lainnya, menganalisis struktur dan ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks prosedur. Untuk melakukan kegiatan pembelajaran tersebut, Bacalah terlebih dahulu teks prosedur berikut dengan cermat. Jangan lupa siapkan buku catatan atau buku latihan Anda untuk mencatat isi pokok informasi yang terdapat dalam teks prosedur yang Anda baca.

Sepuluh Langkah Rahasia Sukses di Usia Muda

Teori dan konsep mencapai sukses bisa seabrek jumlahnya. Tapi bagi mereka yang benar-benar ingin mencapai sukses di usia muda, mereka tak pernah berhenti belajar dan terus menambah asupan informasi dari beragam sumber agar semakin matang dalam pemikiran serta tindakan. Beberapa di antaranya terangkum dalam sepuluh kiat sukses di usia muda berikut ini:

1. Tidak Takut Hidup Susah

 Kegagalan adalah pintu keberhasilan. Mereka yang berhasil merasakan manisnya sukses di usia muda paham akan hal ini. Bukan berarti bahwa tak pernah gagal, malahan berkali-kali bangkit dari kegagalan membuat mental kita makin teruji. Alhasil, kesusahan dalam hidup bukan jadi halangan malah memacu semangat untuk terus mencoba.

2. Kerja Keras yang Cerdas

 Kerja keras itu wajib, sementara kerja cerdas juga harus agar usaha keras yang kita lakukan bisa efektif dalam meraih target yang kita inginkan. Mereka yang sukses di usia muda bisa menggabungkan kerja keras dan kerja cerdas untuk menjadikan dirinya mampu menaklukan hambatan guna meraih impian.

3. Bersahabat dengan Risiko

 Semua orang paham bahwa dengan menjadi pengusaha ada kemungkinan untuk mendapat penghasilan lebih banyak. Tapi, untuk jadi pengusaha yang mapan bukan berarti tidak ada risikonya, malahan menurut beberapa survei, untuk menjadi pengusaha Anda harus siap melakoni pekerjaan yang penuh dengan risiko. Untuk mereka yang kini sudah sukses di usia muda, manajemen risiko jadi menu pembelajaran sehari-hari yang tak pernah lelah untuk terus dikuasai.

4. Memilih Pendidikan Sesuai Minat dan Bakat

 Pendidikan yang berkualitas adalah modal yang baik bagi seseorang untuk meraih impian. Anak muda yang punya visi kedepan yang jelas akan memilih pendidikan yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Dengan cara ini, harapannya tentu saja, pendidikannya akan bisa mendukung perkembangan usaha atau apa saja yang dilakoni agar berkembang maksimal dari masa ke masa.

5. Berusaha Menyisihkan 25% dari Pendapatan Pertahun

 Mereka yang sukses sejak usia muda sangat terbiasa mencanangkan diri untuk menabung. Tidak main-main karena dengan disiplin menyisihkan 25% dari pendapatannya pertahun maka akan ada simpanan untuk menghadapi kebutuhan di masa-masa sulit. Ataupun juga untuk hal yang lebih besar seperti investasi pada properti atau pengembangan usaha.

6. Menggunakan Tabungannya Untuk Investasi

 Bukan sekedar menabung, mereka yang sukses di usia muda juga menjalankan uangnya melalui skema pasar modal. Dengan cara seperti ini, modal pasif yang Anda setorkan akan menjadi modal aktif yang keuntungannya dapat dipergunakan untuk membiayai banyak hal.

7. Berinvestasi pada Properti

 Berinvestasi pada properti seperti rumah atau apartemen juga menjadi salah satu hal yang jadi ciri pengusaha muda sukses. Mereka menyadari bahwa investasi yang demikian bisa membawa keuntungan setelah melepas masa lajang dengan menempati rumah sendiri. Aset properti ini juga bisa dijual untuk kebutuhan lainnya. Perlu diketahui bersama bahwa setiap tahunnya harga properti mengalami peningkatan sebesar 15-20%.

8. Bergabung dengan Asuransi Untuk Proteksi Diri

 Tak hanya dari segi investasi aktif, para pengusaha muda idealnya juga harus aktif melindungi diri dengan produk asuransi. Mereka menyadari bahwa dengan memberikan proteksi diri lewat asuransi maka ketergantungan jika terjadi risiko jatuh sakit atau masa tua sudah tak perlu lagi menjadi sumber kekhawatiran.

9. Tidak Boros dan Gampang Tergiur Teknologi Baru

 Realitas hari ini yang banyak di ikuti oleh kaum muda adalah tingginya biaya belanja produk teknologi semacam gadget dan sebagainya. Padahal, ini sebenarnya kontra produktif. Tak kurang dari itu, kebanyakan kaum muda yang berhasil sukses saat masih berusia belia malahan tidak berpikir demikian. Mereka melihat gadget sebagai sarana pendukung kegiatan yang bersifat kebutuhan dan bukan sebagai keinginan yang jadi bagian gaya hidup.

10. Fokus dan Punya Integritas

 Kiat yang terakhir ini yang paling mendasar untuk menunjang sukses di usia muda yaitu fokus dan mengedepankan integritas. Mereka tidak akan main-main untuk meraih kesuksesan dengan kerja keras dan telaten dalam menjalankan bisnisnya.

 Dari sekian banyak kiat di atas, jika diterapkan dalam keseharian dan berwujud pada satu kegiatan bisnis yang berlandaskan passion yang tinggi maka akan lebih mudah mewujudkan sukses di usia muda. 

Sumber

Menganalisis Isi Pokok dalam Teks Prosedur

Setelah Anda membaca teks prosedur Sepuluh Langkah Rahasia Sukses di Usia Muda tersebut, Anda diminta untuk menganalisis isi pokok dalam teks tersebut. Masih ingat bukan bagaimana cara menemukan isi pokok dalam sebuah teks? Menganalisis isi pokok sama halnya dengan menganalisis ide pokok dalam sebuah paragraf. Ide pokok biasanya terdapat dalam kalimat utama. Akan tetapi, banyak pula ide pokok yang tersirat dalam seluruh isi paragraf. Paragraf yang baik adalah paragraf yang hanya memiliki satu ide pokok. Karena itu, jika teks tersebut memiliki sepuluh paragraf, isi pokok teks tersebut juga ada sepuluh. Sekarang, coba Anda hitung ada berapa paragraf dalam teks yang telah Anda baca tersebut? Kemudian, tentukan isi pokok tiap-tiap paragraf tersebut. Silakan kerjakan dalam buku latihan Anda. Setelah selesai, bandingkan dengan jawaban di bawah ini. Jika masih banyak jawaban yang masih salah, baca dan jawab kembali dengan cermat. Usahakan tidak melihat jawaban yang tersaji.

Isi pokok teks prosedur Sepuluh Langkah Rahasia Sukses di Usia Muda tersebut,

1. Teori dan konsep mencapai sukses

2. Tidak takut hidup susah

3. Kerja keras yang cerdas

4. Bersahabat dengan risiko

5. Memilih pendidikan sesuai minat dan bakat

6. Berusaha menyisihkan 25% dari pendapatan pertahun

7. Menggunakan tabungannya untuk investasi

8. Berinvestasi pada properti

9. Bergabung dengan asuransi untuk proteksi diri

10. Tidak boros dan gampang tergiur teknologi baru

11. Fokus dan punya integritas

12. Mewujudkan sukses di usia muda

Menganalisis Struktur Teks Prosedur

Pada pembelajaran yang lalu, kita telah membahas materi pelajaran tentang “pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur”. Pembahasan materi pelajaran berikutnya adalah “Menganalisis Struktur Teks Prosedur”. Tentunya Anda masih ingat bukan mengenai hasil pembahasan kita tentang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur? Sebenarnya pembahasan tersebut sama halnya dengan struktur teks prosedur. Untuk lebih jelasnya tentang struktur teks prosedur, silakan Anda baca teks prosedur Sukses dengan Bisnis Online berikut dengan cermat. 

Sukses dengan Bisnis Online

Anda ingin Sukses? Anda bisa memulainya dengan bisnis Online. Di Indonesia, berbisnis online sedang berkembang pesat. Banyak orang yang sukses ketika terjun di dunia bisnis online. Salah satu bisnis online yang menguntungkan yaitu KUDO (Kios Untuk Dagang Online). Di dalam KUDO ini beragam produk berkualitas ditawarkan dengan harga yang murah. Menjadi agen dari KUDO tentu sangat menguntungkan. Berikut ini beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menjadi agen KUDO :

1. Pendaftaran menjadi agen tidak dipungut biaya apapun. KUDO hanya mewajibkan agen untuk menanamkan modal awal sebesar Rp10.000,00 saja.

2. KUDO berkerja sama dengan banyak perusahaan yang mempunyai reputasi baik. Jadi, KUDO menjual beragam produk yang berkualitas tinggi.

3. Produk yang ada di KUDO sangat banyak. Dengan begitu, agen KUDO dapat menawarkan berbagai macam produk pada para pelanggannya.

4. Semua tranksaksi agen KUDO akan terekam dan transaparan. Jadi, tidak perlu khawatir dengan nominal komisi yang diterima. Aplikasi yang disediakan KUDO pun mudah dan aman digunakan. Jadi, Anda tidak akan kesusahan memakainya.

5. Komisi yang diberikan oleh KUDO bisa mencapai 70% Dapat dipastikan, jika Anda menjadi agen KUDO, Anda akan menjadi orang sukses. Banyak keuntungan dan komisi yang akan Anda dapatkan. Untuk mendaftar menjadi agen KUDO sangat mudah. 

 Berikut ini langkah-langkahnya.

A. Download aplikasi KUDO di smartphone kesayangan Anda. Tentu melalui Google Play Store.

B. Lakukan registrasi dengan mengisi identitas Anda secara lengkap.

C. Kemudian lakukan pengisian saldo sebagai registrasi pertama minimal Rp 10.000,00.

D. Registrasi sudah selesai. Anda bisa langsung mempromosiakan barang-barang KUDO melalui media sosial yang Anda punya.

 Rahasia agar Anda cepat sukses yaitu dengan bergabung dengan KUDO. Apabila Anda menjalani bisnis bersama KUDO dengan tekun, maka dapat dipastikan Anda akan menjadi orang sukses. Bagi Anda agen KUDO dapatkan promo-promo menarik yang diberikan oleh KUDO. Hadiah Umroh dan sepeda motor Scoopy dapat Anda miliki segera, Anda hanya harus merekrut mitra pengemudi Grab sebanyak-banyaknya. Info lebih lanjut Anda bisa buka link berikut https://kudo.co.id/shop/promo/jualan-pulsa-gratis-voucher-hingga-500-ribu-2812

 Tunggu apalagi, Segera bergabung bersama KUDO. Semakin cepat Anda bergabung, semakin cepat pula kesuksesan menghampiri Anda.

Sumber

Setelah Anda membaca teks prosedur tersebut, apakah sudah menemukan struktur teks prosedur itu? Untuk mengetahui apakah jawaban Anda benar atau salah, marilah terlebih dahulu kita bahas tentang struktur teks prosedur. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), struktur adalah susunan, bangunan, atau hal yang disusun berdasarkan pola tertentu. Sedangkan, struktur yang berhubungan dengan organisme karangan yaitu rangka organisasi karangan yang isinya memperlihatkan susunan dan hubungan setiap hal yang akan menjadi tema dan pembahasan karangan itu. Dengan demikian, setiap jenis teks akan dibangun atau disusun dengan struktur yang berbeda. Setelah Anda membaca dengan cermat teks prosedur “Sukses dengan Bisnis Online”, Anda akan menemukan struktur teks tersebut. Dapatkah Anda menjelaskan struktur teks prosedur tersebut?

Teks prosedur pada umumnya ditata dengan struktur teks tujuan langkah-langkah. Yang dimaksud tujuan di sini adalah hasil akhir yang akan dicapai. Adapun langkah-langkah adalah cara yang ditempuh agar tujuan itu tercapai. Pada teks prosedur, langkah-langkah itu merupakan urutan yang biasanya tidak dapat diubah urutannya. Langkah awal menjadi penentu langkah berikutnya. Untuk lebih jelasnya, perhatikan struktur teks prosedur tersebut di bawah ini.

Paragraf (1) merupakan pengantar yang berisi bahwa bisnis online KUDO menguntungkan. Paragraf (2) mengungkapkan keuntungan menjadi agen KUDO. Paragraf (3) merupakan tujuan yaitu akan sukses jika menjadi agen Kudo. Sedangkan, paragraf (4) betul-betul merupakan prosedur yang harus ditempuh ketika akan menjadi anggota KUDO. Paragraf (5) dan (6) merupakan penutup yang berisi ajakan untuk bergabung dengan KUDO

Untuk lebih jelasnya perhatikan struktur teks prosedur “Sukses dengan Bisnis Online ” yang disajikan pada Tabel di bawah ini.

Struktur
Pengantar Anda ingin Sukses? Anda bisa memulainya dengan bisnis Online. Di Indonesia, berbisnis online sedang berkembang pesat. Banyak orang yang sukses ketika terjun di dunia bisnis online. Salah satu bisnis online yang menguntungkan yaitu KUDO (Kios Untuk Dagang Online). Di dalam KUDO ini beragam produk berkualitas ditawarkan dengan harga yang murah. Menjadi agen dari KUDO tentu sangat menguntungkan. Berikut ini beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menjadi agen KUDO :
1. Pendaftaran menjadi agen tidak dipungut biaya apapun. KUDO hanya mewajibkan agen untuk menanamkan modal awal sebesar Rp10.000,00 saja.
2. KUDO berkerja sama dengan banyak perusahaan yang mempunyai reputasi baik. Jadi, KUDO menjual beragam produk yang berkualitas tinggi.
3. Produk yang ada di KUDO sangat banyak. Dengan begitu, agen KUDO dapat menawarkan berbagai macam produk pada para pelanggannya.
4. Semua tranksaksi agen KUDO akan terekam dan transaparan. Jadi, tidak perlu khawatir dengan nominal komisi yang diterima. Aplikasi yang disediakan KUDO pun mudah dan aman digunakan. Jadi, Anda tidak akan kesusahan memakainya.
5. Komisi yang diberikan oleh KUDO bisa mencapai 70%
Tujuan Dapat dipastikan, jika Anda menjadi agen KUDO, Anda akan menjadi orang sukses. Banyak keuntungan dan komisi yang akan Anda dapatkan. Untuk mendaftar menjadi agen KUDO sangat mudah.
Langkah-Langkah Berikut ini langkah-langkahnya.
1. Download aplikasi KUDO di smartphone kesayangan Anda. Tentu melalui Google Play Store.
2. Lakukan registrasi dengan mengisi identitas Anda secara lengkap.
3. Kemudian lakukan pengisian saldo sebagai registrasi pertama minimal Rp 10.000,00.
4. Registrasi sudah selesai. Anda bisa langsung mempromosiakan barang-barang KUDO melalui media sosial yang Anda punya.
Penutup Rahasia agar Anda cepat sukses yaitu dengan bergabung dengan KUDO. Apabila Anda menjalani bisnis bersama KUDO dengan tekun, maka dapat dipastikan Anda akan menjadi orang sukses. Bagi Anda agen KUDO dapatkan promo-promo menarik yang diberikan oleh KUDO. Hadiah Umroh dan sepeda motor Scoopy dapat Anda miliki segera, Anda hanya harus merekrut mitra pengemudi Grab sebanyak-banyaknya. Info lebih lanjut Anda bisa buka link berikut https://kudo.co.id/shop/promo/jualan-pulsa-gratis-voucher-hingga-500-ribu-2812
Tunggu apalagi, Segera bergabung bersama KUDO. Semakin cepat Anda bergabung, semakin cepat pula kesuksesan menghampiri Anda.
https://kudo.co.id/blog/orang-sukses


Menganalisis Ciri Kebahasaan Teks Prosedur

Setelah Anda memahami struktur teks prosedur, sekarang cobalah perhatikan ciri kebahasaan yang digunakan pada teks “Cara Menggunakan Kartu ATM” dan “ Sukses dengan Bisnis Online” yang terdapat pada kegiatan pembelajaran terdahulu. Ciri kebahasaan apa saja yang ada di dalam teks prosedur? Setelah Anda jawab, bandingkan dengan uraian yang tersaji di bawah ini.

1. Partisipan manusia

Perhatikan kalimat berikut!

a. Pastikan jangan sampai ada yang mengintip, sebaiknya rapatkan tubuh Andake mesin ATM.

b. Rahasia agar Anda cepat sukses yaitu dengan bergabung dengan KUDO

 Partisipan manusia adalah semua manusia, bukan hanya Yanto atau Dani, tetapi pronominal atau kata ganti, seperti kamu, dia, -nya, Anda. Dua kalimat tersebut menggunakan partisipan manusia Anda.

2. Konjungsi temporal dan syarat

Perhatikan kalimat berikut!

a. Kemudian lakukan pengisian saldo sebagai registrasi pertama minimal Rp 10.000,00.

b. Apabila Anda menjalani bisnis bersama KUDO dengan tekun, maka dapat dipastikan Anda akan menjadi orang sukses

Konjungsi temporal adalah konjungsi yang mengacu pada urutan waktu, sekaligus menjadi sarana kohesi teks, seperti pertama, kedua, ketiga, dan setelah, kemudian, lalu. Kalimat (a) menggunakan konjungsi temporal kemudian. Sedangkan kalimat (b) menggunakan konjungsi syarat apabila.

3. Verba material 

Perhatikan kalimat berikut!

a. Banyak keuntungan dan komisi yang akan Anda dapatkan. Untuk mendaftar menjadi agen KUDO sangat mudah.

b. Anda hanya harus merekrut mitra pengemudi Grab sebanyak-banyaknya.

Verba material adalah verba yang mengacu pada tindakan fisik, seperti mendaftar pada kalimat (a) dan merekrut pada kalimat (b). 

4. Kalimat imperatif

Perhatikan kalimat di bawah ini!

a. Lakukan registrasi dengan mengisi identitas Anda secara lengkap.

b. Tunggu apalagi, Segera bergabung bersama KUDO.

 Kalimat imperatif berfungsi untuk meminta atau melarang seseorang untuk melakukan sesuatu, seperti tampak pada kalimat (a) dan kalimat (b).

5. Kalimat deklaratif

Perhatikan kalimat di bawah ini!

a. Banyak keuntungan dan komisi yang akan Anda dapatkan. 

b. Untuk mendaftar menjadi agen KUDO sangat mudah. 

 Kalimat deklaratif merupakan kalimat yang berisi pernyataan. Kalimat seperti itu berfungsi untuk memberikan informasi atau berita tentang sesuatu, seperti pada kedua kalimat tersebut.

6. Kalimat interogatif

Perhatikan kalimat di bawah ini!

a. Anda ingin Sukses?

 Adapun kalimat interogatif adalah kalimat yang berisi pertanyaan, seperti pada kalimat tersaji.

Mengembangkan Teks Prosedur

Sejauh ini kita telah selesai membahas materi pelajaran tentang merancang teks prosedur, dan menganalisis struktur dan ciri kebahasaan teks prosedur. Materi pelajaran berikutnya yang menjadi fokus pembahasan kita pada kegiatan belajar ini adalah mengenai pengembangan teks prosedur. Kita akan belajar mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan struktur dan ciri kebahasaannya. 

Sebelum kita mulai membahas materi pelajaran tentang pengembangan teks prosedur, ada baiknya kita mengerti dulu apa yang dimaksudkan dengan kata mengembangkan. Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dijelaskan bahwa kata mengembangkan berarti membuka lebar-lebar, membentangkan, menjadikan besar. Maksud kata mengembangkan teks di dalam kegiatan belajar ini adalah menyusun tulisan dari kerangka menjadi bentuk teks prosedur. Dalam rangka menyusun tulisan dari kerangka menjadi bentuk teks prosedur diperlukan serangkaian langkah, seperti yang telah kita bahas pada pelajaran terdahulu. Untuk mengingat Anda kembali, coba baca lagi uraian berikut dengan cermat.

Langkah pertama adalah menentukan topik. Pilihlah topik yang menarik dan bermakna. Artinya, topik yang akan kita pilih harus menarik untuk dibaca dan bermanfaat untuk para pembaca. Selain itu, materinya harus dikuasai, mudah dicarikan data pendukungnya, dan mudah dikembangkan. Misalnya, Cara Membuat Rawon yang lezat dan Menarik.

Langkah kedua adalah menyusun kerangka teks. Menyusun kerangka teks sesuai dengan struktur teks prosedur, yakni tujuan dan langkah-langkah. Misalnya, Cara Membuat Rawon yang lezat dan Menarik. Apa tujuannya dan bagaimana langkah-langkahnya.

Langkah ketiga adalah mengembangkan kerangka menjadi teks prosedur. Bagaimana dengan aktivitas mengembangkan teks prosedur tentang Cara Membuat Rawon yang Lezat dan Menarik tersebut? Masih ingat bukan cara merancang atau membuat kerangka teks prosedur? Nah, sekarang coba Anda buat kerangka Cara Membuat Rawon yang Lezat dan Menarik. Kemudian, kembangkan kerangka tersebut menjadi sebuah teks prosedur dengan memerhatikan struktur dan ciri kebahasaannya.

Tentunya sekarang Anda sudah mengerjakan tugas tersebut, Cobalah lihat kembali dan cocokkan jawaban Anda dengan jawaban di bawah ini!

Topik : Cara Membuat Rawon yang Lezat dan Menarik.

Tujuan : Membuat sayur rawon yang lezat dan menarik.

Kerangka:

Langkah 1 : Menyiapkan peralatan memasak

Langkah 2 : Menyiapkan bahan.

Langkah 3 : Menyiapkan bumbu.

Langkah 4 : Memasak sayur rawon.

Langkah 5 : Menghidangkan.

Pengembangan Kerangka

Rawon adalah salah satu masakan asli Indonesia dan banyak ditemui di daerah Jawa Timur. Rawon salah satu makanan favorit banyak orang. Jika diolah dengan bumbu yang pas, rasanya sangat lezat dan nikmat.

Banyak rawon yang dibuat orang dengan rasa yang berbeda-beda. Tapi, rawon yang rasanya lezat dan menarik jarang kita temukan. Karena itu, dalam tulisan ini akan kita coba membuat rawon yang lezat dan menarik. Untuk itu, perhatikan langkah-langkah berikut.

1. Siapkan alat memasak

 Kompor, wajan, sodet

2. Siapkan bahan

 • 500 gram daging iga sapi

 • 1.500 ml air

 • ½ sdt merica bubuk

 • ½ sdm gula merah

 • 3 sdm minyak untuk menumis

 • 1 batang daun bawang potong 1 cm

 • 5 lembar daun jeruk purut

 • 2 batang serai ambil putihnya, memarkan

 • Garam secukupnya

 Bahan Pelengkap:

 • taoge

 • daun bawang

 • kerupuk udang

 • sambal terasi

 • rebus telur asin

 • jeruk nipis

3. Siapkan bumbu

 • 8 butir bawang merah

 • 5 siung bawang putih

 • 4 biji keluak

 • 2 cm kunyit, iris halus

 • 3 butir kemiri sangrai

4. Cara Membuat:

a. Rebus daging iga dan air sampai matang dan empuk dengan api kecil. Saring dan ukur 1.000 ml air kaldunya. Didihkan lagi.

b. Tumis bumbu halus, daun jeruk, dan serai sampai harum. Tambahkan daun bawang. Aduk rata.

c. Tuang hasil tumisan ke rebusan daging.

d. Masukkan garam, merica bubuk, dan gula pasir. Masak sampai matang.

5. Menghidangkan

Rawon siap disajikan dengan pelengkapnya. Rawon akan lebih enak jika diinapkan karena rasa bumbunya akan lebih meresap. Bahan pelengkap juga akan menambah kenikmatan menyantap rawon, terutama sambal terasi, kerupuk, dan telur asin.

Resep rawon yang pasti enak ini siap Anda nikmati dengan keluarga di rumah. Selamat mencoba!


Mempresentasikan Teks Prosedur 

Setelah Anda mengembangkan teks prosedur, coba presentasikan hasil pekerjaan tersebut secara bergantian di depan kelas untuk ditanggapi teman-teman.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam presentasi adalah sebagai berikut!

1. Siapkan alat peraga seperti laptop dan LCD!

2. Siapkan teks prosedur yang telah dibuat dalam bentuk powerpoint!

3. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar ketika presentasi

4. Bagi pendengar, tanggapi teks prosedur tersebut untuk bahan perbaikan.

Merevisi Teks Prosedur

 Setelah Anda mempresentasikan teks prosedur yang telah dibuat, tentu sekarang sudah mendapat masukan dari teman-teman untuk perbaikan teks prosedur tersebut. Sekarang coba Anda perbaiki teks prosedur tersebut dengan memerhatikan masukan dari teman-teman, struktur teks prosedur, aspek kebahasaan, ejaan, dan tanda baca yang digunakan dalam rancangan tersebut.

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post