Rangkuman Teks Anekdot

 
Rangkuman Teks Anekdot


Rangkuman Teks Anekdot

1. Teks anekdot merupakan sebuah karangan cerita atau kisah yang bisa jadi berdasarkan pengalaman hidup seseorang yang ditulis secara singkat, pendek, dan lucu tentang berbagai topik, seperti pendidikan, politik, hukum, sindiran, kritikan, dan sebagainya.

2. Beberapa di antara ciri teks anekdot adalah (1) bersifat humor, (2) bersifat menyindir, (3) bersifat menggelitik, (4) biasanya mengenai orang penting, (5) memiliki tujuan tertentu. 

3. Tujuan teks anekdot adalah (1) untuk membangkitkan tawa bagi pembacanya, (2) sebagai sarana penghibur, dan (3) sebagai sarana pengkritik.

4. Isi teks anekdot biasanya memiliki dua macam, yang tersurat (makna tertulis) dan yang tersirat (makna konteks).

5. Makna yang tersirat di dalam teks anekdot adalah berisi pesan moral yang ingin disampaikan kepada pembacanya.

6. Struktur teks anekdot terdiri dari: (1) abstraksi, (2) orientasi, (3) event, (4) krisis, (5) reaksi, (6) koda, dan (7) re-orientasi. 

7. Kaidah kebahasaan dalam teks anekdot adalah (1) menggunakan kata keterangan waktu lampau, (2) menggunakan kata penghubung (konjungsi), (3) menggunakan kata kerja (verba), (4) urutan peristiwa berdasarkan waktu (kronologis), (5) menggunakan jenis pertanyaan retorik, dan (6) menggunakan kalimat perintah.

8. Kerangka teks anekdot harus sejalan dengan struktur pokok teks anekdot yang terdiri dari abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, dan koda.

9. Mengembangkan teks anekdot dilakukan dengan mengurai kerangka sehingga menjadi teks yang menarik dan enak dibaca.

10. Menyunting teks anekdot bisa dilakukan terhadap pilihan kata, struktur kalimat, dan penggunaan ejaan yang benar.

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post