Rangkuman Teks Proposal

 
Rangkuman Teks Proposal


Rangkuman Teks Proposal

1. Pengertian dan fungsi proposal

 Proposal adalah usulan atau rencana kegiatan yang dituliskan dalam bentuk rancangan kerja yang akan dilaksanakan. Rencana tersebut harus dituliskan agar pihak yang berkepentingan dapat memahami dengan baik. Teks proposal berfungsi untuk mengajukan usulan kegiatan atau rancangan rencana usaha kepada pihak-pihak yang dituju seperti penyandang dana, pemberi izin, dan pemberi tempat usaha. 

2. Jenis proposal

 Jenis proposal berdasar isinya terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

- Proposal usaha. Proposal ini dibuat atau disusun dengan tujuan mendirikan usaha, baik usaha skala besar maupun skala kecil 

- Proposal kegiatan. Proposal ini dibuat untuk mengadakan kegiatan, misalnya kegiatan halal bihalal, kegiatan bakti sosial, dan kegiatan pertandingan olahraga.

- Proposal penelitian ilmiah, proposal penelitian disusun untuk mengadakan penelitian ilmiah, seperti penelitian pengaruh game online terhadap prestasi belajar, penelitian peran serta pemuda di lingkungan kelurahan.

3. Sistematika proposal

 Pada dasarnya sistematika proposal terbagi menjadi tiga bagian: pendahuluan, isi, dan penutup. Hanya terdapat sedikit perbedaan dalam hal isi. Proposal usaha di dalamnya terdapat uraian tentang bagaimana cara pembuatan makanan yang akan dijual sampai pada pemasaran. Sedangkan, isi pada proposal kegiatan hanya menguraikan peserta kegiatan sampai anggaran dana yang akan dikeluarkan. Propsal penelitian ilmiah di dalamnya terdapat kajian teori, metode penelitian, dan hipotesis.

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post