Rangkuman Teks Editorial

 
Rangkuman Teks Editorial

Rangkuman Teks Editorial

1. Teks editorial adalah teks yang berisi tentang pandangan pribadi redaktur terhadap suatu peristiwa atau masalah aktual, fenomenal, dan kontroversial, dibuat dengan tujuan mengajak dan memberi pandangan kepada pembaca/pendengar untuk ikut berpikir dan memberikan solusi terhadap peristiwa yang sedang banyak dibicarakan di tengah masyarakat. 

2. Struktur pada teks editorial terdiri atas pengenalan isu atau tesis, argumentasi, dan penegasan.

3. Artikel merupakan karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

4. Struktur artikel terdiri dari judul, alinea pembuka, alinea penjelas, dan alinea penutup.

5. Di dalam teks editorial dan artikel terdapat fakta dan opini. 

6. Fakta adalah hal, keadaan, atau peristiwa yang merupakan kenyataan atau sesuatu yang benar-benar terjadi. Fakta yang disajikan dalam teks editorial dan artikel berupa peristiwa dan data-data terkait dengan peristiwa yang dibahas. Kalimat yang mengandung fakta disebut kalimat fakta.

7. Opini adalah tanggapan, sikap, pikiran, atau pendapat redaksi atau penulis terhadap peristiwa atau persoalan yang sedang dibahas. Kalimat yang mengandung opini disebut kalimat opini.

8. Struktur teks editorial terdiri dari pengenalan isu (tesis), argumentasi, dan penegasan.

9. Struktur artikel terdiri dari judul, alinea pembuka, alinea penjelas, dan alinea penutup.

10. Kaidah kebahasaan dalam teks editorial yaitu menggunakan kalimat retoris, menggunakan kata-kata popular, menggunakan kata ganti penunjuk, dan banyak menggunakan konjungsi kausalitas.

11. Kaidah kebahasaan dalam artikel yaitu adverbia, konjungsi, dan kosa kata.

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post