Rangkuman Teks Resensi

 
Rangkuman Teks Resensi


Rangkuman Teks Resensi

1. Pengertian resensi

 Resensi adalah ulasan atau penilaian terhadap sebuah buku atau film. Tujuannya adalah menyampaikan kepada para pembaca apakah buku atau film itu patut mendapat sambutan atau tidak, dan biasanya mempunyai tujuan promosi (secara implisit). Karena itu, alangkah baiknya jika resensi itu diakhiri dengan ajakan. 

2. Unsur-unsur resensi

 Unsur-unsur yang terdapat dalam resensi pada umumnya adalah (1) judul resensi, yakni Pembaruan di tengah Kampung, Wanita Shalehah, (2) judul buku, pengarang, dan data publikasi, (3) jenis buku (tersirat), (4) kepengarangan, yakni latar belakang pengarang dan buku yang diresensi, (5) inti cerita (secara singkat), (6) persoalan yang terdapat dalam novel, (7) penilaian mengenai unsur intrinsik, baik keunggulan dan kelemahannya, dan (8) ajakan kepada para pembaca untuk membacanya (membeli).

3. Sistematika resensi

 Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sistematika adalah susunan atau aturan sesuatu. Dalam hal ini sistematika berarti susunan unsur-unsur resensi, dari mulai judul resensi sampai ajakan terhadap pembaca agar memiliki atau membeli buku yang diresensi tersebut. Sistematika resensi tidak selamanya sama, tergantung pengetahuan si peresensi

4. Cara menulis resensi

a. Membaca buku fiksi atau nonfiksi yang akan diresensi.

b. Menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsik, serta kelebihan dan kekurangan buku.

c. Menyusun resensi dengan memerhatikan unsur-unsur resensi dan sistematikanya.

d. Mempresentasikan resensi yang telah dibuat

e. Merevisi resensi berdasarkan masukan dari teman

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post