Rangkuman Tentang Teks Karya Ilmiah

 
Rangkuman Tentang Teks Karya Ilmiah

Rangkuman Tentang Teks Karya Ilmiah

1. Pengertian Karya ilmiah

Berdasarkan dua pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa karya ilmiah adalah rangkaian kegiatan yang dituangkan melalui tulisan berdasarkan kepada tata cara penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dalam penulisan karya ilmiah, seorang penulis  harus memperhatikan tata bahasa yang digunakan, sistematika penulisan, metodologi penulisan, dan teori yang digunakan. Semua ini bertujuan untuk memvalidkan data yang diperoleh

2. Jenis karya ilmiah

Makalah

Makalah merupakan karya ilmiah yang menyajikan sebuah masalah yang penyelesaiannya mengandalkan berbagai macam data yang ada di lapangan. 

Artikel

Dipandang dari sudut pandang ilmiah, artikel dapat diartikan sebagai karya tulis yang sengaja dirancang untuk dimuat dalam jurnal ataupun kumpulan artikel yang dibuat dengan memerhatikan kaidah penulisan ilmiah dan mengikuti pedoman ilmiah yang berlaku.

Skripsi

Skripsi merupakan karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa untuk bisa mendapatkan gelar sarjana (S1). Skripsi memuat tulisan berisi pendapat penulis dengan mengacu ataupun berdasarkan teori yang telah diterbitkan sebelumnya.

3. Unsur-unsur karya ilmiah

Unsur-unsur karya ilmiah jenis makalah pada dasarnya terdapat topik, permasalahan, dasar teori, pembahasan, kesimpulan dan saran. Makalah di atas terbagi menjadi empat bagian, yaitu (1) pendahuluan, (2) studi kepustakaan, (3) pembahasan, dan (4) kesimpulan atau penutup.

4. Cara merancang isi informasi karya ilmiah

Menentukan Topik 

Pilihlah topik karya ilmiah yang menarik dan bermakna, bermanfaat, dan mudah dicarikan datanya. 

Menyusun Kerangka Teks

Susunlah kerangka teks sesuai dengan struktur teks karya ilmiah dalam hal ini jenis makalah, yakni pendahuluan, isi, dan penutup

5.Sistematika teks karya ilmiah.

Sistematika karya ilmiah terbagi menjadi empat bagian besar, yakni (1) Pendahuluan, berisi: latar belakang, ruang lingkup, rumusan masalah, dan tujuan. (2) kajian teori, berisi teori-teori yang berhubungan dengan topik (3) pembahasan, pembahasan, diuraikan berdasarkan topik yang dibahas (4) penutup. biasanya berisikan simpulan dan saran. Sebagai pelengkap, karya ilmiah ini harus disertakan daftar pustaka.

6. Ciri kebahasaan teks karya ilmiah

Bahasa yang digunakan dalam karya ilmiah adalah menggunakan kalimat efektif, tidak ambigu, dan akurat.

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post