Rangkuman Sistem Organ

 
Rangkuman Sistem Organ

Rangkuman Sistem Organ

Tubuh manusia terdiri dari 11 sistem organ yang bekerja satu sama lain (saling tergantung). Sistem ini meliputi: 

● Sistem integument (kulit, rambut, kuku) : membentuk tubuh eksternal yang menutupi dan melindungi jaringan yang lebih dalam dari cedera. Rumah reseptor kulit, kelenjar keringat, kelenjar minyak, dan mensintesis vitamin D.

● Sistem kerangka(tulang, sendi) : mendukung dan melindungi organ tubuh, memberikan kerangka penggunaan otot (gerakan), tulang juga menyimpan mineral dan membuat sel darah.

● Sistem otot(otot rangka), : mempertahankan postur dan menghasilkan gerakan (penggerak), menghasilkan panas.

● Sistem limfatik(sumsum tulang merah, timus, pembuluh limfatik, saluran toraks, limpa, kelenjar getah bening) : rumah sel darah putih (limfosit) yang terlibat dalam imunitas, mengembalikan cairan yang bocor dari pembuluh darah ke darah dan membuang puing-puing dalam aliran limfatik.

● Sistem pernapasan(rongga hidung, faring, laring, trakea, bronkus, paru-paru): menghilangkan karbon dioksida dan terus memasok darah dengan oksigen. Pertukaran gas terjadi di sistem pernapasan (paru-paru).

● Sistem pencernaan– (rongga mulut, kerongkongan, hati, lambung, usus kecil, usus besar, dubur, anus): memecah makanan yang akan diserap dan menghilangkan limbah yang tidak bisa dicerna.

● Sistem saraf (otak, sumsum tulang belakang, saraf) : sistem kontrol tubuh, merespons perubahan internal dan eksternal, mengaktifkan otot dan kelenjar.

● Sistem endokrin(kelenjar pineal, kelenjar pituitari, kelenjar tiroid, timus, kelenjar adrenal, pankreas, ovarium, testis) : kelenjar dari sistem endokrin mengeluarkan hormon yang mengatur banyak proses seperti pertumbuhan, metabolisme, dan reproduksi.

● Sistem kardiovaskular(jantung, pembuluh darah) : jantung memompa darah dan pembuluh darah mengangkutnya sedangkan darah membawa oksigen, karbon dioksida, nutrisi, limbah, dan banyak lagi ke seluruh tubuh.

● Sistem kemih (ginjal, ureter, kandung kemih, uretra) : menghilangkan limbah nitrogen dari tubuh, mengatur keseimbangan asam-basa, elektrolit dan air.

● Sistem reproduksi :fungsi utama dari sistem reproduksi adalah menghasilkan keturunan. Hormon seks dan sperma diproduksi oleh testis pria. Saluran dan kelenjar pria membantu melepaskan sperma. Ovarium menghasilkan hormon seks wanita dan telur. Struktur reproduksi wanita lainnya berfungsi sebagai tempat pemupukan dan pengembangan. Misalnya, kelenjar susu menghasilkan susu untuk bayi baru lahir.

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator.

Previous Post Next Post